Muncul Klaster Moge Dalam Kasus Corona di Blitar

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Jumlah kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Blitar terus bertambah. Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Blitar kembali mencatat 21 penambahan kasus positif. Dari kasus tersebut muncul klaster baru yaitu klaster moge.

Klaster motor type Phantom 200cc ini, mendominasi jumlah kenaikan konfirmasi positif dari jumlah total sehari sebanyak 21 orang. Dari data yang dicatat Gugus Tugas, klaster moge atau touring terdapat sebanyak 9 orang positif Covid-19.

“Sisanya dari klaster gowes atau RSUD Ngudi Waluyo Wlingi sebanyak 4 orang dan 8 warga dari empat kecamatan. Yakni Kecamatan Binangun dua dan Talun tiga. Dan Kecamatan Gandusari, Sutojayan dan Garum masing-masing satu warga,” ungkap Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, Kamis (30/7).

Krisna mengungkapkan, munculnya klaster moge ini terdeteksi dari pasien positif sebelumnya yang berasal dari klaster gowes. Mereka yang kontak erat dengan pasien positif dari klaster gowes telah di tes swab massal, dan hasilnya ada 9 yang terkonfirmasi positif Corona.

Sementara, dari klaster moge, gugas melakukan swab terhadal 49 orang. Dan hasilnya 9 orang yang positif Covid-19. Gugas juga langsung merekomendasikan untuk isolasi secara mandiri selama 14 hari.

Baca Juga: Diduga Positif Covid-19, Dokter di Blitar Meninggal Saat Dirawat di RSSA Malang

Baca Juga: Delapan Pasangan Digerebek Satpol PP  Kota Kediri di Hotel dan Tempat Kos

“Mereka merupakan pasien asimptomatik atau pasien tanpa gejala,” ungkap Krisna.

Gugus tugas COVID-19 Kabupaten Blitar memberlakukan skema penanganan pasien Asimptomatik dengan melihat kondisi masing-masing. Ada yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya, ada juga yang diisolasi di gedung LEC Garum.

Dengan bertambahnya 21 terkonfirmasi baru ini, maka jumlah komulatif terkonfirmasi di Kabupaten Blitar sebanyak 171. Dengan rincian, sebanyak 78 dinyatakan sembuh, 84 masih masa observasi dan 12 meninggal dunia.

Reporter: Nuramid Hasjim
Editor: Della Cahaya