Kisah Panji Dalam Relief Perempuan di Gedog Kota Blitar

Blitar, koranmemo.com  – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melihat ada kemiripan relief yang ditemukan warga di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, dengan Candi Penataran. Relief yang menggambarkan sosok perempuan itu, diduga mengisahkan sosok panji.

Wicaksono Dwi Nugroho Arkeolog BPCB Jawa Timur di Trowulan Mojokerto langsung mencocokkan gambar temuan warga dengan literatur yang sudah ada. Setelah penemuan relief, BPCB belum datang ke Gedog namun mereka mendapatkan foto – foto dari Kecamatan Sananwetan.”Setelah melihat foto relief yang ditemukan warga di Gedog, Kota Blitar, kami mencoba membuka literatur untuk mencari kesamaan dengan relief candi yang sudah ada di Jatim. Relief yang ditemukan di Gedog ada kemiripan dengan relief di Candi Penataran dan Candi Jabung,” ujar Wicaksono saat dihubungi melalui telpon selulernya, Jumat (6/9).

Wicaksono menjelaskan, dua sosok perempuan yang ada dalam relief itu adalah seorang putri. Hal itu terlihat dari gambaran rambutnya yang terurai panjang dan memakai anting-anting yang panjang. “Sepertinya itu satu tokoh dalam dua adegan. Satu adegan saat duduk di atas batu, dan yang kedua saat duduk di atas tanah,” ujarnya.

Dari beberapa literatur, Wicaksono melihat, adegan itu sama seperti di Candi Jabung Bondowoso yang mengisahkan Kisah Panji Sri Tanjung. Kisah Sri Tanjung di relief itu menggambarkan sosok seorang putri yang sedang duduk menunggu suaminya yang sedang menjalankan tugas suci dari raja.

“Kami berusaha mencari itu penggalan dari cerita apa, sepertinya itu cerita Sri Tanjung. Kalau dari pahatannya menyerupai pahatan relief di Candi Penataran yang dibangun pada era Kerajaan Majapahit,” jelas Wicaksono. “Kalau emban biasanya rambutnya disanggul,” ujarnya.

Dikatakannya, bentuk relief perempuan yang ditemukan di lokasi yang diduga situs kompleks percandian di Gedog, Kota Blitar, itu sangat bagus. BPCB Trowulan akan meneliti lebih detail lagi temuan benda itu. “Kami minta ke warga untuk mengamankannya dulu. Nanti akan kami teliti lebih detail,” jelasnya.

Reporter Zayyin multazam sukri
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date