Kirim 10.000 Masker Kepada PMI Asal Trenggalek di Hong Kong

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Sebanyak 10.000 masker dikirim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek ke Hong Kong, Selasa (11/2). Masker itu dikirim lewat Kantor Pos Indonesia ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hongkong. Pengiriman masker ini untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Warga Negara Indonesia (WNI) di Hong Kong.

Pengiriman masker ini menyikapi banyaknya permintaan dan kebutuhan PMI asal Trenggalek di Hong Kong. Pengiriman masker itu sebagai langkah pemerintah daerah agar para PMI dan WNI bisa terhindar semaksimal mungkin dari virus corona. “PMI di Hong Kong nanti bisa ambil di konsulat. Sudah kami koordinasikan,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Sejak beberapa waktu terakhir, pasca mewabahnya virus corona di sejumlah negara, kebutuhan masker dilaporkan meningkat. Bahkan harganya dilaporkan tak seperti pada umumnya. Dampaknya PMI dan WNI, termasuk yang berasal dari Trenggalek, kesulitan mendapat masker. “Hari ini kita kirim 10.000 masker,” kata Mas Ipin.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Trenggalek, Saeroni mengatakan, negara tujuan pengiriman masker untuk saat ini adalah Hong Kong. “Pengiriman masker ke negara lain akan menyesuaikan situasi dan kondisi,” kata Saeroni.

Hong Kong sampai saat ini masih menjadi negara tujuan favorit para PMI asal Trenggalek selain Taiwan. Hingga saat ini, belum ada laporan PMI atau WNI asal Trenggalek yang terinfeksi virus corona. Pemda bersama pihak terkait bakal terus memantau perkembangan warga Trenggalek yang mengadu nasib di luar negeri. “Sampai saat ini belum ada laporan,” pungkasnya.(Adv)

Reporter Angga Prasetiya
Editor Achmad Saichu