Kirab Barongsai, Warga Berebutan Memberi Angpao

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Suasana Imlek masih terasa di Kota Blitar. Sejumlah grup keseninan Barongsai di Blitar menggelar kirab, Jumat (7/2). Kali ini dengan mengelilingi jalanan protokol di Kota Blitar. Rutenya yakni sejauh 4-5 kilometer. Acara sekaligus untuk memperingati cap go meh yang digelar 15 hari setelah Imlek.

“Ini kaitannya masih dalam rangka giat perayaan Imlek. Harapannya tahun ini lebih banyak rezeki,” kata Daniel, ketua rombongan kirab Barongsai.

Ada tiga Barongsai plus liang leong yang turun ke jalan. Barongsai yang juga perwujudan dari hewan yang bisa mengusir roh jahat itu mampir dari toko ke toko. Kurang lebih 5 menit atraksi melompat-lompat seraya memeragakan peringai hewan singa.

Para warga yang menonton juga berlomba-lomba memberi angpao kepada barongsai. Dalam keyakinan Tionghoa, si pemberi angpao ke Barongsai bakal lebih hoki sekaligus bisa mengusir roh jahat yang bisa mengancam keberadaan usaha toko atau usaha lainnya.

“Ini sekaligus sedekah, mudah-mudahan di tahun tikus logam ini usaha semakin berkah,” katanya lagi.

Ada 50 personel yang dilibatkan dalam kirab. Ada yang personel Barongsai ada pula liang liong. Selain iti ada pula tim musik atau tabur musik.

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi
Editor: Della Cahaya