KH Maimoen Tutup Usia, Santri Lakukan Salat Gaib

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Kabar KH.Maimoen Zubair tutup usia menyebar luas di pesan WhatsApp (WA). Merespon ini, ribuan santri dan siswa madrasah di Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, langsung melaksanakan salat gaib atas meninggalnya kiai sepuh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah tersebut.

Salat gaib sendiri dilakukan di masjid Al-Madinah Dusun Tambakberas Desa Tambakrejo Kecamatan Jombang, dengan diikuti seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Jombang, Selasa (6/8) sekitar pukul 10.00 WIB.

Informasi yang dihimpun wartawan, kabar meninggalnya Mbah Moen, sapaan akrab KH. Maimoen, diterima pihak Yayasan Bahrul Ulum Tambakberas sekitar pukul 09.30 WIB.

Setelah memastikan kabar duka itu benar adanya, pihak yayasan memerintahkan seluruh lembaga pendidikan di lingkungan Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas untuk menggelar salat gaib.

Dalam pelaksanaannya, salat gaib dilakukan sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama salat gaib dilaksanakan oleh siswa laki-laki dengan durasi satu jam untuk salat dan pembacaan doa tahlil.

Kemudian selanjutnya atau gelombang ke dua, salat gaib dilaksanakan oleh siswa perempuan. “Salat gaib bersama untuk mendoakan beliau,” kata Mohammad Maksum, Waka Humas MAN 3 Jombang Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, saat diwawancarai usai salat gaib.

Menurut Maksum, selain untuk tujuan mendoakan Mbah Moen, pada salat gaib itu para siswa juga diajak untuk meneladani ajaran dan sifat Mbah Moen semasa hidup.

“Agar siswa dan siswi bisa mencontoh mbah kiai Maimoen Zubair dalam kepemimpinannya, dalam keilmuannya, serta perhatiannya kepada seluruh umat manusia,” tuturnya.

Sementara itu para siswa juga mengaku merasa kehilangan atas meninggalnya Mbah Moen. Ini seperti dikatakan oleh Elok Dewi Arsidalail. Menurutnya, KH. Maimoen merupakan sosok kiai yang kharismatik.

“Tadi beredar di WA dan sempat tidak percaya. Baru percaya setelah ada pengumuman perintah melaksanakan salat gaib ini,” tutup siswi kelas XI MAN 3 Jombang.

Seperti ramai diberitakan, KH. Maimoen Zubair atau Mbah Moen dikabarkan meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Mekah Arab Saudi. Mbah Moen sendiri dikabarkan berada di tanah suci untuk beribadah haji.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date