Ketakutan, Kakel Rencana Kembalikan Uang Lelang

Lenggah sari*Terkait Penyelewengan Aset Pemkot

Kediri, Memo-Setelah kasus penyelewengan uang hasil lelang aset milik Pemkot Kediri terungkap, beberapa kepala kelurahan (Kakel) di Kecamatan Pesantren berencana akan mengembalikan uang hasil tilep tersebut ke kas daerah (Kasda) Kota Kediri.

Namun, usaha pengembalian uang ke kasda yang akan dilakukan itu ternyata tak menghapuskan unsur pidana yang kini telah dilakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) oleh Polres Kediri Kota.

Diketahui hingga saat ini Polres Kediri Kota masih melakukan Pulbaket di beberapa kelurahan di Kecamatan Pesantren yang disinyalir telah menyelewengkan dana pelelangan aset milik Pemkot tersebut.

Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP Siswandi menjelaskan apabila di tiap kelurahan yang diduga telah melakukan penyelewengan tersebut berusaha mengembalikan dana ke kasda, hal itu sama sekali tidak mempengaruhi unsur hukum pidananya.

“Kalau hasil dari Pulbaket kami cukup dan terbukti telah merugikan negara, meskipun mereka berusaha mengembalikan dana yang sudah diselewengkan itu tetap tak mempengaruhi proses hukum yang sudah berjalan,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari temuan BPK tersebut tercatat di Kelurahan Pesantren Kecamatan Pesantren Kota Kediri saja kerugian Pemkot mencapai Rp 102.194 juta, ini dihitung dari selisih lelang sewa Tanah Kas Desa (TKD) dari tahun 2011 hingga 2012 sudah bermasalah. Nilai lelang mencapai Rp 445.958 juta, sedangkan yang disetor ke kas daerah hanya Rp 343.764 juta. Dari angka kerugian Pemkot tersebut jika dikalikan jumlah kelurahan yang mengadakan lelang sekitar 20 kelurahan saja maka kerugian Pemkot sudah mencapai miliaran rupiah.

Temuan BPK tersebut, tidak menutup kemungkinan terjadi di beberapa kelurahan di Kota Kediri yang juga menangani lelang seperti di Kelurahan Bawang, Kelurahan, Blabak, Kelurahan Tempurejo, Kelurahan Bandar Lor, Kelurahan Mrican yang mempunyai nilai lelang hingga ratusan juta pertahun.(can)

Follow Untuk Berita Up to Date