Kesadaran Pemilik Usaha Mikro Urusi Izin Rendah

Share this :

Blitar, koranmemo.comKesadaran pemilik usaha mikro di Kabupaten Blitar dalam mengurus izin usaha terbilang masih rendah. Dari data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar saat ini ada ribuan usaha kategori mikro dengan modal diluar bangunan dan tanah Rp 50 juta dan omset di bawah Rp 300 juta per tahun di Kabupaten Blitar.

“Dari data tersebut tidak semunya mengurus izin dan tercatat di dinas koperasi dan usaha mikro kabupaten Blitar,” ungkap Indra Gunawan selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar.

Menurutnya saat ini ada 3 ribu usaha mikro yang tercatat di dinas dan menjadi target atau sasaran bantuan dari pemerintah Kabupaten Blitar.

” Sebenarnya kepengurusan izin usaha mikro di Kabupaten Blitar sudah dipermudah tetapi saat ini masih sedikit yang mengurus. Jika sebelumnya usaha mikro dengan izin Bupati saat ini ijin dari pihak kecamatan saja sudah cukup dan tidak dipungut biaya atau gratis,” jelasnya.

Bahkan saat ini pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi melalui pihak kecamatan dan desa agar para pemilik usaha segera mengurus izin mereka. Selain itu pihaknya menambahkan semakin banyak usaha mikro yang tercatat maka semakin banyak usaha yang berkesempatan mendapat bantuan dari pemeritah.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.