Kepergok Curi Belasan Potong Kabel

Share this :

Jombang, Koran Memo – Aripin alias Ipin (44) warga Dusun Sekapak Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Jombang diringkus anggota Polsek Diwek, Minggu (20/4) sekitar pukul 02.30 WIB. Dia diringkus setelah kepergok usai mencuri kabel di salah satu rumah warga Desa Bulurejo. Dari pelaku petugas mengamankan barang bukti berupa 18 potong kabel dan sebuah karung plastik yang digunakan untuk membawa kabel curian. Kini pelaku meringkuk di tahanan Polsek Diwek.

Kasubbag Humas Polres Jombang, AKP Lely Bahtiar, terkait kasus ini mengatakan, pelaku ditangkap usai melakukan pencurian. “Pelaku ditangkap polisi yang sedang patroli. Saat itu polisi menemukan barang bukti kabel curian di dalam karung plastik yang dibawanya. Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan, yang ancaman hukumannya adalah pidana penjara maksimal  7 tahun,” kata AKP Lely.

Informasi yang dihimpun, penangkapan pelaku bermula dari polisi yang sering mendapat laporan pencurian, memutuskan melakukan patroli malam. Ketika keliling polisi memergoki pelaku berjalan keluar dari pekarangan warga sembari menenteng karung plastik. Lantaran masih pukul 02.30 WIB, polisi memutuskan menghentikan pelaku.

Saat dihentikan, pelaku terlihat gugup dan terlihat berusaha melarika diri. Dengan sigap polisi meraih tangan pelaku dan langsung melakukan penggeledahan. Hasilnya polisi menemukan 18 potong kabel. Kemudian polisi untuk menjalani pemeriksaan.

Hasil pemeriksaan, pelaku mengakui jika kabel yang dibawanya adalah hasil curian di rumah warga. Pelaku mengaku beraksi  dengan cara masuk pekarangan warga yang terlihat gelap dan sepi. Kemudian pelaku mengambil kabel yang terlihat menggantung, dan selanjutnya ditarik hingga putus. Kemudian pelaku memasukan kabel curian ke karung plastik yang dibawanya. Untuk mengetahui berapa TKP yang pernah menjadi sasaran aksi kejahatan, polisi terus mengorek pengakuan pelaku. (ag)