Kepala Dindik Bakal ‘Disidang’

Share this :

berita memo icon* Dugaan Pungli Ngawi Spektakuler 2014

Ngawi, Memo-Kabar dugaan pungutan liar (pungli) di sekolahan berkedok kegiatan Ngawi Spektakuler 2014 sampai ke telinga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ngawi. Sesuai rencana, Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) setempat, Abimanyu akan dipanggil untuk dimintai keterangannya.

“Saya sudah mendapat laporan terkait itu. Namanya pungli jelas sangat menyalahi aturan yang ada. Tapi, benar tidaknya  masih akan kami klarifikasikan dulu dengan Kepala Dinas Pendidikan,” ujar Sekda Ngawi, Siswanto kepada Memo, Senin (16/6) .

Kasus pungli mencuat setelah ada keluhan dari wali murid SDN Karangtengah. Sesuai surat edaran Dinas Pendidikan ke sekolah, setiap siswa diwajibkan membayar iuran sebesar Rp. 15 ribu untuk mendukung program Pemkab Ngawi yang dibiayai APBD tersebut. “Kita akan usut dan cari bukti dulu. Jkalau emmang nanti terbukti, akan kita beri sanksi tegas,” tegasnya.

Dijelaskan, gelar kesenian Padang Rembulan merupakan agenda Pemprov Jatim dan sudah dianggarkan di APBD sekitar Rp 91 juta. Diakuinya, dana untuk kegiatan tersebut memang masih kurang, namun saat ini sudah tercukupi.

“Itu yang punya kegiatan Propinsi Jatim, kami hanya memfasilitasi saja. Jadi anggarannya dari Propinsi juga. Maka, kalau melakukan pungli,  seperti itu bukan ikut membantu mewujudkan Ngawi Spektakuler 2014. Justru malah membuat jelek,” paparnya.(dik/jur).