Kepala dan Guru SD Siap Rekap Nilai Rapor untuk Kelulusan Siswa

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Kepala dan guru Sekolah Dasar (SD) di Kota Kediri sudah siap jika harus menggunakan nilai rapor untuk menentukan kelulusan siswa. Ini dilakukan setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Kepala SD Negeri Banjaran II Kota Kediri, Eko Murdianingsih Setiani mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk mengevaluasi dan merekap hasil belajar siswa Kelas VI. “Pasti siap, kita sudah siapkan mulai semester 1 dan 2 saat siswa duduk di kelas IV dan V, serta semester 1 kelas VI,” ujarnya, Kamis (26/3).

Selain itu, guru kelas juga sudah mempersiapkan pengambilan nilai dari tugas-tugas yang diberikan, baik sebelum dan saat siswa belajar di rumah. “Alhamdulillah, ada juga tugas fortofolio yang sudah kami siapkan. Sebagian sudah dikerjakan di sekolah sebelum ada instruksi untuk belajar di rumah dan sisanya, siswa mengerjakan saat belajar di rumah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SD Jagalan 1,Suwarni menjelaskan, pengambilan nilai juga bisa dilakukan dari penilaian diskripsi siswa. Sementara ini guru saling berkoordinasi karena materi dan pemberian tugas melalui pesan singkat Whatsapp (WA). Namun, guru juga harus memperhatikan jika ada orang tua yang mempunyai keterbatasan informasi.

Karena, tidak semua orang tua dapat mengoperasikan gawai atau smartphone. “Untuk komunikasi terus kami lakukan, karena pemberian tugas juga harus sesuai dengan kurikulum. Selain itu, tugas juga tidak boleh memberatkan siswa. Sebelumnya kami juga mendapat imbauan dan pengarahan tentang ujian keterampilan untuk dikondisikan, mengingat kondisi saat ini,” jelasnya.

Hal senada juga diutarakan Kepala SD Mrican IV, Soerjani, mengenai pengambilan nilai yang harus diperhatikan yaitu nilai praktek, nilai per semester, dan nilai tugas. “Kami tetap mengupayakan yang terbaik dalam pengambilan nilai. Tentunya, kami juga menunggu instruksi dan arahan lebih lanjut dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri,” ujarnya.

Perlu diketahui, dalam Surat Edaran (SE) dari Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), sekolah yang telah melaksanakan Ujian Sekolah (US) dapat menggunakan nilai US untuk menentukan kelulusan siswa.

Jika sekolah belum melaksanakan US, maka berlaku ketentuan kelulusan siswa SD sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir, yaitu mulai kelas IV, kelas V, dan kelas VI semester gasal. Nilai semester genap kelas VI dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya