Kementerian Pertanian RI dan Bupati Dialog Bersama Petani

Nganjuk, koranmemo.com – Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat menerima secara langsung kedatangan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr. Suwandi, di Kabupaten Nganjuk, Jumat (6/9). Kunjungan kali ini dalam rangka panen raya jagung Varietas NASA (Nakula dan Sadewa) serta temu lapang bersama kelompok Tani Gemah Ripah, Desa Joho Kecamatan Pace.

Pantauan Koranmemo.com, terlihat Bupati Novi bersama Forkopimda menyambut kedatangan Dr. Suwandi di Pendopo Kabupaten Nganjuk. Sekitar pukul 09.00 WIB rombongan berangkat bersama-sama menuju lokasi kegiatan di Desa Joho. Setibanya di lokasi, secara simbolis Dirjen dan Bupati memanen jagung dengan disaksikan warga. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan dialog bersama para petaniDalam kesempatan itu, Dirjen Suwandi menyampaikan, Kabupaten Nganjuk merupakan kabupaten yang luar biasa di saat musim kemarau. Meski kekuranhan air, daerah ini masih tetap berhasil panen raya jagung di tengah kondisi musim yang tak menentu.

Menyikapi hal itu, pihak Kementerian Pertanian RI akan memberikan bantuan berupa pembangunan sumur tanah. Bantuan berupa pemenuhan kebutuhan lain demi kesinambungan budidaya pertanian tanaman pangan di tingkat petani juga akan diberikan.

“Oleh karena itu Dirjen meminta kepada Kadis Pertanian bersama penyuluh pertaniannya untuk mendata kebutuhan sumur tanah di Kabupaten Nganjuk,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Novi menyambut baik bantuan tersebut. Ia juga berharap agar petani Nganjuk mulai bertani dengan sistem pertanian organik.

“Untuk itu, para petani sebaiknya mulai meninggalkan budaya penggunaan obat-obatan dan pemupukan dengan memakai bahan kimia. karena justru akan membahayakan kesehatan konsumen,” paparnya.

Setelah simbolis panen dan temu wicara, warga diberikan waktu untuk tanya jawab dengan Dirjen dan Bupati. Dalam kesempatan ini para petani menyampaikan keluh kesahnya. (adv)

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date