Kemenpora Dorong Pesantren Lahirkan Entrepreneur Muda

Share this :

Tulungagung, koranmemo.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendorong pesantren untuk mencetak entrepreneur muda dalam rangka menghadapi tantangan global. Upaya tersebut dengan salah satu cara menggelar Santri Preneur Expo 2017 dipusarkan  di Gedung Olah Raga (GOR) Lembu Peteng Tulungagung (07/12).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Acara diawali dengan senam reog kendang yang diikuti jajaran forum pimpinan daerah (forpimda) Tulungagung, bersama dengan masyarakat Kota Marmer.

Menurut Menpora, rangkaian kegiatan yang dilakukan di komplek GOR Lembu Peteng Tulungagung tersebut dengan memamerkan aneka karya para santri mulai dari kerajinan, kuliner, garmen dan aneka produk lainnya.

Dikatakan, pesantren bukan hanya tempat menimba ilmu semata, tapi ternyata pesantren juga mampu melahirkan para entrepreneur. Bukti di expo bisa dilihat secara langsung. Mereka menyajikan hasil kreatifitasnya.

Dikatakan, berbagai kerajianan maupun produk yang dihasilkan dari kemandirian para santri tersebut perlu terus mendapatkan dorongan yang nantinya akan semakin mempercepat laju pertumbuhan perekonomian, utamanya menyangkut usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Tulungagung.

Tidak berhenti disitu, kata Menpora, para santri diharapakan dapat terus berinovasi, sehingga aneka kreasi yang dimunculkan mampu menopang dan menambah penghasilan secara maksimal.

“Santri itu kalau dilatih sedikit maka akan semakin banyak karya yang dihasilkan. Tapi harus ditopang dengan pelatihan mengenai pemgemasan, pemasaran maupun juga kualitas produknya,” jelasnya.

Dikatakan, untuk itu pihaknya juga bakal terus mendorong dan memfasilitasi para santri atau pemuda agar bisa mandiri secara finansial dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain.

“Salah satunya melalui pameran santri preuneur ini, kemudian kami juga menggelar pelatihan enterpreneur. Kami harap nanti semakin banyak program kementerian,” imbuhnya.

Reporter: Denny Trisdianto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.