Kemenkes RI Percayakan Lab. RSUD Gambiran Kota Kediri Lakukan Pemeriksaan PCR, Hanya Butuh Waktu 45 Menit

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Kementerian Kesehatan RI akhirnya memberi kepercayaan terhadap Laboratorium RSUD Gambiran Kota Kediri untuk melakukan pemeriksaan spesimen dengan metode PCR  (Polymerase Chain Reaction).

Pemeriksaan PCR ini untuk mendeteksi virus Covid-19 atau corona dalam waktu 45 menit, petugas medis akan mampu menentukan status ODP/PDP terkonfirmasi Covid-19 atau tidak.

Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi masyarakat di Kota Kediri, karena diketahui selama ini pemeriksaan swab di Jawa Timur hanya dilakukan di tiga laboratorium, yakni Institute of Tropical Disease (ITD) Unair, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya, dan Rumah Sakit Universitas Brawijaya.

“Laboratorium kami dinyatakan telah memenuhi standar Biosafety Level (BSL) II untuk melakukan pemeriksaan spesimen dengan metode PCR. Ini akan mempercepat pemeriksaan swab karena tak perlu lagi mengantre di Surabaya,” kata Direktur RSUD Gambiran dr. Fauzan Adima M.Kes, Kamis (14/05).

Fauzan Adima menjelaskan, tidak semua rumah sakit rujukan mendapat kepercayaan melaksanakan Tes PCR Covid-19 ini. “Kementerian Kesehatan harus memastikan kelayakan laboratorium dan kesiapan sumber daya manusia rumah sakit sebelum mengirimkan reagent untuk uji DNA Covid-19,” jelasnya.

Reporter Arief Juli Prabowo

Editor Achmad Saichu