Kembali Geruduk Pemkab, Guru K1 Desak Plt. Bupati Tanda Tangani SPTJM

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com-Untuk kesekian kalinya para guru honorer kategori 1 (K1) kembali melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Pemerintahan Kabupaten Nganjuk, Rabu (15/11). Kali ini massa mendesak Plt Bupati Nganjuk agar segera memberikan dan menandatangani SPTJM (Surat Pertanggungjawaban Mutlak) tentang kebenaran data Honorer K1 Kabupaten Nganjuk seperti yang diminta oleh kemenpan-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) dalam suratnya.

Wakil Ketua Forum Honorer K1 Kabupaten Nganjuk, John William Wadoe menyampaikan, hasil kunjungan pihaknya ke Kemenpan-RB dan Ombudsman beberapa waktu lalu masih tetap menemui hasil sama. Dia menyebut jika pemerintah pusat masih menunggu SPTJM yang ternyata hingga saat ini belum dikirimkan oleh Bupati Nganjuk.

“SPTJM adalah salah satu  administrasi yang diperlukan untuk memproses pengangkatan Tenaga Honorer K1 Kabupaten Nganjuk,” jelas John.

Lantas bagaimana jika kini posisi kepala daerah dijabat oleh Pelaksana tugas?John berpendapat jika SPTJM jelas menyatakan tentang kebenaran data yang sudah sesuai dengan hasil ATT (Audit Tujuan Tertentu) yang dilakukan oleh BPKP.

“Artinya, Plt. Bupati layak membuatnya karena tidak menyangkut kebijakan strategis seperti yang ditetapkan dalam aturan yang berlaku. Sehingga, kami meminta kepada siapapun yang menjabat sebagai kepala daerah, termasuk Plt Bupati untuk segera memberikan dan menandatangani surat tersebut,” desaknya.

John menambahkan, jikalau memang kepala daerah yang baru beralasan tidak bisa mengeluarkan dengan alasan masih Plt, maka dia meminta agar segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

 “Setidaknya ada upaya pro aktif dari pemerintah daerah dalam memperjuangkan nasib kami. Paling tidak surat tersebut bisa masuk ke Kemenpan-RB,” harapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Nganjuk, Abdul Wachid Badrus, yang menerima secara langsung perwakilan demonstran mengaku akan segera mengambil langkah dalam menangani masalah ini. Dalam waktu dekat pria yang akrab disapa Gus Wachid tersebut akan segera melakukan konsultasi dengan Gubernur Jatim guna mencari solusi.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.