Keluarga, Benteng Utama Remaja Terhadap Penyalahgunaan Narkoba

Kediri, koranmemo.com – BNN Kota Kediri mengadakan kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) P4GN kepada keluarga di Kelurahan Bawang. Kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba seakan tidak ada matinya. Fenomena penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia ini seperti fenomena gunung es. Semakin terkuak, maka semakin banyak pula korbannya. Berdasarkan hasil survei BNN bekerjasama dengan Puslitkes UI, di antara 100 pelajar dan mahasiswa, ada 4 orang yang pernah memakai dan 2 orang yang sedang memakai narkoba.

Kegiatan KIE di lingkungan keluarga kali ini dilaksanakan dalam bentuk Sosialisasi Tatap Muka kepada anggota Kader Anti Rokok di Kelurahan Bawang, yang terdiri dari para ibu dan remaja penggiat Anti Rokok. Menurut Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Kediri, Kompol DN. Indrawati, SH selaku narasumber, lingkungan keluarga dipilih karena keluarga adalah lingkungan pertama yang diharapkan  menjadi benteng anak terhadap penyalahgunaan Narkoba. Melalui kegiatan KIE P4GN ini pula diharapkan masing-masing keluarga mampu memahami tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, seorang ibu mempunyai peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Untuk itu, jika ibunya mengerti dan memahami bahaya penyalahgunaan, diharapkan dapat membentengi anak dan keluarganya dari masalah narkoba. Ke depan, kegiatan KIE P4GN kepada keluarga ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan. “Dengan harapan, selain meningkatkan imunitas keluarga terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba, juga agar masing-masing bisa menjadi kepanjangan tangan BNN dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” tuturnya.

Keluarga merupakan batu bata pertama dari bangunan sebuah negara.  Jika batu batanya kokoh,  maka bangunannya juga kokoh. Jika setiap keluarga di Indonesia mampu mengokohkan seluruh anggotanya agar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan Narkoba,  bisa dipastikan Indonesia akan bersih dari penyalahgunaan Narkoba. Dan jika masyarakat ada yang mengetahui tentang kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungannya, dapat langsung menghubungi BNN Kota Kediri melalui call center BNN 0354-777333 atau sms center 0822 3030 9001, atau email [email protected]. (adv/bnn kota)

Reporter : Della Cahaya

Editor :  Gimo Hadi  W

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.