Kelompok Seni Tari SMPN 6 Kediri

Share this :

Teteskan Air Mata di Kemenangan Pertama

Kediri, Koran Memo – Lenggak-lenggok para penari tari Songgolangit membuat suasana kawasan wisata Goa Selomangleng yang terik, Sabtu (31/10) kemarin menjadi lebih segar. Mereka adalah kelompok penari dari SMP Negeri 6 Kediri yang memang sudah terkenal sebagai sekolah di Kota Kediri yang mengedepankan kesenian dan budaya dalam pembelajaran di sekolahnya. Salah satunya adalah dengan mengajarkan tari-tarian daerah yang setiap gerakan dan alunan musiknya sarat akan makna dan nasehat.

Songgolangit 5Sejak mulai berdiri hingga sekarang, sanggar tari SMP Negeri 6 Kediri yang masih tergabung dalam sanggar Dwija Laras telah menyumbang banyak prestasi mulai dari prestasi di tingkat kota hingga tingkat nasional. “Kesenian tari ini juga adalah kebanggaan SMP Negeri 6 selain karawitannya. Sekali memutuskan untuk menjadi bagian dari kelompok tari, pasti akan dilatih sampai benar-benar layak mengikuti lomba ataupun festival-festival tari,” ujar Mohammad Tohir, guru koordinator PPST (Pendidikan Pengembangan Seni Tradisi) SMP Negeri 6 Kediri.

Satu prestasi membanggakan yang membekas di benak guru-guru dan siswa SMP Negeri 6 Kediri adalah mendapatkan juara 1 apresiasi seni pelajar tingkat provinsi pada tahun 2014. Itu adalah kali pertama kelompok tari SMP Negeri 6 Kediri mendapatkan prestasi di tingkat provinsi. “Hari itu tidak ada satu pun anak-anak dan guru-guru yang tidak menitikkan air mata. Apalagi dua pelatih tari, Pak Susilo dan Bu Sumiati, menangis sambil memeluk anak-anak,” kenang Tohir.

Dia sendiri mengaku juga ikut menangis lantaran melihat semuanya menangis. Salah satu anak tari yang kini telah lulus dan menjadi pelatih tari anak SD hingga kini masih sering berkunjung ke SMP 6 dan mengenang hari kemenangan pertama mereka.

Setelah itu, menurut Tohir segalanya menjadi lebih mudah bagi kelompok seni tari SMP Negeri 6 Kediri. Prestasi-prestasi semakin sering diraih oleh mereka, antara lain Juara 3 tingkat nasional di Lampung tahun 2014, peserta terbaik apresiasi seni pelajar tingkat Jatim 2015, dan bulan Desember nanti akan tampil di Taman Mini Indonesia Indah tahun 2015. (c6)