Kelas Inspirasi 6 Kediri, Sehari Mengajar Selamanya Menginspirasi

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Kelas Inspirasi Kediri sukses menggelar Kelas Inspirasi ke-6 yang diselenggarakan serempak di 8 SD negeri se-Kabupaten Kediri, Sabtu (21/7). Sebanyak kurang lebih 70 relawan pengajar dan 70 relawan dokumentasi dengan didampingi 70 fasilitator tersebar di 8 SD tersebut, yakni SDN Canggu 1, SDN Tenggerlor, SDN Dungus 1, SDN Blaru 1, SDN Kwaron, SDN Payaman, SDN Jantok 2 dan SDN Dayu.

Kegiatan dimulai sejak pukul 07.00 WIB di SD masing-masing.  Kendati memiliki program yang berbeda-beda, namun setiap SD mengawali Kelas Inspirasi dengan apel  bersama di halaman sekolah, yang dilanjutkan dengan ice breaking agar para murid SD lebih santai di sekitar kakak-kakak relawan pengajar. Setelah itu, baru para relawan pengajar memasuki kelasnya masing-masing. Mereka mengajar maksimal 30 menit, sebelum berpindah ke kelas lainnya. Begitu terus sampai 6 kelas selesai diajar.

Susmiati, Kepala SDN Canggu 1 mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada tim dari Kelas Inspirasi Kediri yang telah meluangkan waktunya untuk datang ke SDN Canggu 1. Dia berharap, kehadiran para relawan bisa memberikan penyegaran bagi para muridnya yang selama ini hanya mendengarkan pelajaran yang sama setiap hari.

“Kakak-kakak relawan kan datang dari profesi  yang berbeda-beda. Saya berharap, anak didik di SDN Canggu 1 bisa mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang baru dari para relawan. Syukur-syukur kalau suatu saat nanti bisa mengikuti jejak para relawan,” kata Susmiati.

Salah satu relawan pengajar, Oktaviani mengaku senang mengikuti kegiatan Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi 6  di Kabupaten Kediri ini adalah kelas inpirasi ke-4 yang diikutinya sejak dia berprofesi  sebagai salah satu pegawai bank berplat merah di Jawa Timur. “Saya senang bisa berbagi dengan anak-anak tentang pekerjaan saya.  Saya sekaligus mengenalkan mereka dengan apa itu uang dan pentingnya menabung,” ujar wanita yang jauh-jauh datang dari Probolinggo ini.

Selama kelas inspirasi berlangsung, para murid  di masing-masing sekolah juga menikmati semua proses belajar sambil bermain.  Tidak sedikit dari mereka yang meminta para relawan kembali lagi untuk mengajar mereka.  “Saya senang bisa belajar sambil bermain dengan kakak-kakak,” kata Putri, salah satu murid kelas VI SDN Canggu 1.

Perlu diketahui, Kelas Inspirasi ini tidak hanya diselenggarakan di Kediri saja, melainkan hampir di semua wilayah di Indonesia pada waktu yang berbeda-beda. Para relawan Kelas Inspirasi dibagi menjadi 3, yang pertama relawan fasilitator, bertugas mendampingi para relawan pengajar dan dokumentasi sebelum hingga setelah kelas inspirasi berlangsung.  Para fasilitator inilah yang mengurus izin di dinas pendidikan setempat dan ke sekolahnya langsung.

Kemudian yang kedua adalah relawan pengajar. Mereka inilah para inspirator yang membagikan pengalaman mereka di bidang  yang saat ini mereka tekuni. Biasanya, relawan pengajar akan membawa media pembelajaran sesuai dengan profesi mereka masing-masing. Yang terakhir adalah relawan dokumentasi.  Mereka yang bertugas mendokumentasikan semua kegiatan kelas inspirasi mulai dari awal hingga akhir kegiatan.

Editor : Della Cahaya Praditasari