Kekurangan Stok Beras 10.113 Ton, Ini Upaya Pemkot Batu

Batu, koranmemo.com – Pemerintah Kota Batu terus berupaya memenuhi kebutuhan beras di Kota Batu yang diketahui mengalami kekurangan pasokan beras.Data yang diperoleh dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu diketahui jika kebutuhan masyarakat Kota Batu yang berjumlah 215 ribu jiwa mencapai 19.674 ton.Sedangkan Kota Batu hanya memiliki 226 Hektar sawah di Junrejo dengan total produksi 9.561 ton per tahun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu, Wiwik Nuryati menjelaskan, pihaknya sangat membutuhkan suplai beras di Kota Batu. ” Kami sudah melakukan perdagangan antar daerah sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan,semoga di Kota Batu ada perluasan wilayah sawah, ” harapnya, Rabu (09/10).

Seperti diketahui beberapa waktu lalu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam rapat koordinasi nasional barang kebutuhan pokok menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kota Batu meminta agar Pemda bekerjasama dengan Pemerintah Pusat.Kerjasama itu untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan Pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu sinergi antisipasi kecukupan pasokan bahan pokok terutama di Kota Batu yang memang diketahui kekurangan stok beras.

” Kita akan bekerjasama dengan Kemendag untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di Kota Batu, target 3,5 persen inflasi terpenuhi, “ucapnya.

Di sisi lain, pemerintah daerah sangat berkepentingan dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapok di daerah masing-masing terkait dengan keterjangkauan harga, dan ketersediaan pangan masyarakat, serta kondusifnya iklim usaha bagi pelaku usaha pangan daerah.

“Untuk itu, sinergi pemerintah pusat, daerah, serta seluruh pelaku usaha pangan yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan,” tutupnya.

Editor Arief juli prabowo

Follow Untuk Berita Up to Date