Kekecilan, Sekolah Ramai-ramai Kembalikan Seragam Olahraga Gratis dari Pemkab

Jombang, koranmemo.com – Lembaga sekolah yang yang telah mengambil seragam olahraga gratis pemberian pemkab Jombang dari lapangan Tennis Indoor di Jalan Kusuma Bangsa Jombang, ramai-ramai mengembalikannya, Selasa (5/11). Pengembalian tidak lain dipicu seragam kekecilan. Sehingga tidak bisa dipakai oleh para siswa calon penerima.

Data yang diperoleh Koranmemo.com, ada sebanyak 896 stel seragam olahraga yang dikembalikan oleh pihak sekolah. Ratusan seragam olahraga itu milik 8 lembaga pendidikan jenjang SMP/MTs.Terdiri dari MTs Negeri 1 Jombang 208 stel, SMP Negeri 2 Ngoro 261 stel, SMP Negeri 1 Plandaan 119 stel, SMP Muhamadiyah 310 stel, MTs Negeri 6 Jombang 14 stel, SMP Negeri 2 Megaluh 192 stel, SMP Islam Terpadu Misykat Al-Anwar 59 stel, SMP Islam Mu’awanah Al- Hasyimiyah Dukuhmojo Mojoagung 33 stel.

Kepala Disdikbud Jombang, Agus Purnomo membenarkan adanya pengembalian seragam olahraga oleh sejumlah lembaga sekolah. “Target kami hari Rabu (6/11) sudah dikembalikan ke sini semua (Tennis Indoor, red) dan segera kita kirim ke penyedia. Ini jumlahnya masih kita hitung terus,” kata Agus, pada sejumlah wartawan di lapangan Tennis Indoor Jombang, Selasa (5/11).

Menurut Agus, pihaknya kesulitan dalam menentukan ukuran seragam olahraga. Ia berdalih bahwa masing-masing siswa memiliki tinggi badan yang berbeda meskipun ukuran baju sama.

“Memang susahnya kalau menggunakan ukuran ya gitu, ukurannya kan standar. Sedangkan anak itu kan tingginya berbeda,” sambungnya.

Selain itu, Agus juga mengaku tidak memiliki dasar ukuran seragam yang menjadi patokan pengadaan seragam olah raga.

Pihak Disdik hanya menampung permintaan ukuran seragam dari masing-masing sekolah yang beragam. “Ukuran itu dari sekolah,” ujarnya.

Sementara, meski banyak kendala dari realisasi program unggulan pemerintah setempat ini, Disdikbud Jombang mengaku akan kembali menganggarkan untuk program seragam gratis itu pada tahun 2020. “Untuk 2020 tetap masih dalam bentuk kain seragam,” tutupnya.

Seperti diketahui, pemberian seragam gratis ini merupakan salah satu program andalan pemerintahan Munjidah Wahab – Sumrambah. Namun sayangnya, program ini berjalan tersendat dan penyalurannya belum tuntas hingga kini.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu