Kejuaraan Dunia 2019: Kevin/Marcus Kandas, Ahsan/Hendra dan Greysia/Apriyani Melaju

Basel, koranmemo.com – Langkah pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Kejuaraan Dunia 2019 kandas lebih awal. Setelah mendapat bye di babak pertama, Kevin/Marcus langsung kalah di babak dua saat menghadapi wakil Korea Choi Solgyu/Seo Seung Jae dengan skor 21-16, 14-21, 21-23.

Hasil bagus justru diraih ganda putra pasangan gaek Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan setelah memulangkan ganda putra Belanda Jelle Maas/Robin Tabeling dengan 2 set langsung 21-13, 21-11.

“Mereka bermain bagus sekali, nggak gampang mati sendiri. Dan kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Di poin-poin akhir kami kurang tenang dan banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Kevin usai laganya di St. Jakobshalle Basel, Swiss seperti dilansir situs resmi PBSI.

Menurut Marcus, mereka banyak menekan, mereka nggak gampang mati. “Kami banyak nggak siap, buru-buru. Mereka memperlambat tempo, jadi mengganggu mainnya,” ujarnya.

Hasil ini memupuskan harapan Kevin/Marcus untuk merebut medali Kejuaraan Dunia 2019. Sejak tahun 2015 berpasangan, Kevin/Marcus masih harus menunda waktunya untuk duduk di podium tertinggi kejuaraan dunia.

Dari sektor ganda putri dilaporkan, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mengatasi lawan pertamanya. Mereka mengalahkan Anastasiia Akchurina/Olga Morozova (Rusia) 21-13, 21-12 dan memastikan diri ke babak tiga. Sebelumnya Greysia/Apriyani mendapat bye di babak pertama.

Selanjutnya di babak tiga, Greysia/Apriyani masih menunggu lawan, antara Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Bulgaria) dengan Delphine Delrue/Lea Palermo (Perancis) ketika berita ini baru mulai bertanding.

Greysia/Apriyani punya capaian yang cukup bagus tahun lalu di kejuaraan ini. Mereka berhasil membawa punya medali perunggu Kejuaraan Dunia 2018 di Nanjing, Tiongkok. Namun begitu keduanya mengaku tak ingin terbeban dengan hasil tersebut. Kini, kata Greysia/Apriyani, mereka ingin fokus satu demi satu lawan yang akan dihadapi kedepannya.

“Kami mau positif terus. Tahun lalu kami di semifinal itu tinggal sejarah buat kami. Kami nggak mau fokus ke situ. Tapi kami ingin cetak lagi sejarah yang baru. Kami harus berjuang dari awal lagi,” tukas Greysia

Di sektor ganda campuran, pasangan  Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjejakkan kaki ke babak tiga kejuaraan dunia 2019 setalah mengalahkan Jakub Bitman/Alzbeta Basova (Republik Ceko) dengan dua set langsung 21-16, 21-11.

Di babak berikutnya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti akan menghadapi wakil Belanda  Robin Tabeling/Selena Piek. Mereka pernah bertemu sekali sebelumnya. Pada German Open 2019, Praveen/Melati kalah 19-21, 18-21.

“Kami pernah ketemu sebelumnya dan kalah. Di Kejuaraan Dunia ini kami ingin coba lebih fight lagi buat besok. Karena kami juga kan punya target pribadi. Besok siap, harus lebih fokus. Dioptimalkan lagi besok, karena ada kesempatan di sini,” ungkap Praveen.

Tabeling/Piek sendiri melaju usai menekuk He Ji Ting/Du Yue (Tiongkok) dengan 22-20, 21-18. Mereka sebelumnya juga menghentikan pasangan Indonesia, Ronald/Annisa Saufika di babak pertama.

Selain Praveen/Melati, ganda campuran juga mengirimkan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja ke babak tiga. Hafiz/Gloria kemudian menantang unggulan satu China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date