Kejari Periksa PNS Pemkot

*Dugaan Penyalahgunaan Dana Sewa Ruko Stadion Brawijaya

Kediri, koranmemo.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kediri memeriksa sejumlah PNS Pemkot Kediri terkait dugaan penyalahgunaan dana sewa Ruko Stadion Brawijaya. Pemeriksaan itu dilakukan bersamaan dengan 17 saksi yang telah diperiksa tim penyidik Kejaksaan.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Kediri Suratman SH yang dibenarkan Kasi Pidsus Sundaya SH ketika dikonfirmasi Koran Memo kemarin (1/10) mengungkapkan, pemeriksaan tersebut dalam kapasitasnya sebagai saksi. “Benar kami telah memanggil 17 saksi dalam kasus Ruko Brawijaya,” ujarnya.

Namun saat ditanya perihal siapa saksi dari pihak Pemkot tersebut Kasi Pidsus Kejari ini tidak bisa menjelaskan karena terkait privasi seseorang. “Memang ada saksi dari Pemkot, namun saya tidak bisa menyebutkan siapa saksi tersebut karena ini menyangkut privasi,” imbuhnya saat dikonfirmasi melalui telepon.

Seperti diketahui sebelumnya, Kejaksaan Negeri Kota Kediri telah melakukan pemanggilan kepada 17 saksi dalam rangka penyelidikan kasus dugaan penyalahgunaan dana sewa Ruko Brawijaya.

Disinggung soal keterlibatan tersangka lain selain Tri Waspodo Mantan Direktur Utama Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Kediri, pihaknya mengaku belum ada indikasi kearah tersangka lain. Penyelidikan mengenai penyelewengan dana sewa ruko yang dilakukan sejak tahun 2005 itu juga masih dihitung nilai kerugian yang dialami Negara.

Beberapa waktu lalu, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Amiek Wulandari SH mengatakan, penghitungan tersebut harus dilakukan dengan teliti. Selain karena waktu yang sangat lama, perhitungan tersebut juga harus melibatkan auditor. “Kami masih menunggu penghitungan kerugian yang timbul dari auditor, karena tidak bisa asal-asalan,” ujarnya.

Ruko Brawijaya yang merupakan aset Pemkot seharusnya dana penyewaannya masuk ke kas Pemkot. Namun sejak tahun 2005, tidak satupun dana sewa ruko yang disetor ke Pemkot. Hal ini yang kemudian menjadi dasar dugaan penyelewengan dana yang dilakukan oleh Tri Waspodo, Mantan Dirut BPR Kota Kediri.(c2)

Follow Untuk Berita Up to Date