Kejari Akan Terus Beri Wawasan dan Pemahaman Hukum

Trenggalek, koranmemo.coom-Kejaksaan Negeri (kejari) Kabupaten Trenggalek terus memberikan pemahaman dan pengertian tentang permasalahan hukum perdata dan tata usaha negara. Pemberian bantuan hukum tersebut sudah tertuang pada kerjasama antara Kejari Trenggalek bersama Pemkab Trenggalek.

Kerjasama tersebut sebagai upaya Kejari Trenggalek dalam mencegah sedini mungkin permasalahan hukum karena para pejabat pemerintah sangat rawan terseret keranah hukum. Seperti dalam mengambil kebijakan serta kegiatan jika pejabat tidak faham tentang hukum bisa mengarah ke tindak pidana.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Trenggalek Umaryadi, melalui Kasie Datun Kejaksaan Negeri Trenggalek Slamet Hariadi, mengatakan bahwa bantuan hukum yang diberikan berupa bantuan hukum perdata dan tata usaha.

“Misalkan ada gugatan ke pemda kejari bisa mendampingi negara dalam arti pemda untuk memberikan bantuan hukum dalam proses persidangan di pengadilan,” jelasnya, Jumat (12/1).

“Jadi bantuan hukum ini sesuai permohonan yang diajukan misalkan pada tahun kemarin ada permintaan pendapat hukum, pendampingan serta kegiatan pembangunan di RSUD juga akan kita dampingi,” ungkapnya

Tentang bantuan hukum pidana, disampaikan bahwa untuk pidana tidak memberikan bantuan, karena sudah ada sendiri advokat untuk hukum pidana.

Dengan memberikan wawasan hukum jangan sampai kegiatan yang dialaksanakan terindikasi ke pidana. Nantinya kejari juga akan memberikan wawasan dengan cara melakukan sosialisasi kepada pemerintah desa terkait pemahaman hukum.

Reporter : Rudi Yuniriyanto

Editor: Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.