Kecewa Tak Segera Berangkat, Jamaah FT Minta Pengembalian Dana

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com Beberapa calon jamaah umroh dari First Travel (FT) cabang Sidoarjo mendesak pengembalian dana. Mereka kecewa atas permasalahan yang akhir-akhir ini membuat ratusan jamaah terlantar karena gagal berangkat.

Hal itu disampaikan AR (52) warga asal Surabaya. Pihaknya mengaku resah atas kondisi FT saat ini. Pasalnya, kebanyakan jamaah tak mendapat kepastian atas pemberangkatan ke tanah suci, justru terlantar di Jakarta alias gagal berangkat.

“Sekarang saya menanyakan langsung terkait perpindahan ke travel lain. Terutama pasport. Itu yang paling penting,” ungkapnya usai keluar dari kantor FT di Ruko Perumahan Pondok Mutiara Blok K2-B Jalan Pahlawan Sidoarjo.

Menurutnya, sudah sebulan yang lalu mengajukan pengembalian dana, hanya saja hingga saat ini  tak kunjung ada kepastian. Anehnya, Kepala Cabang FT Sidoarjo, Rudy mengaku tak tahu menahu terkait masalah itu.

“Saya tanya ke stafnya, dia bilangnya belum tiga bulan. Memang, untuk pengembalian dana sendiri minimal 1 bulan dan maksimal 3 bulan. Tapi setelah saya hubungi kepala cabangnya, dia (Rudi) bilangnya enggak tahu soal itu. Ini kan aneh,” keluhnya.

Diceritakan, dirinya mendaftarkan sebagai calon jamaah umroh pada 2016 lalu. Saat itu, dirinya mengikuti promo yang diajukan pihak travel yakni sekitar Rp 14,5 juta. Awalnya, dia berkeyakinan bisa berangkat pada tahun ini, namun faktanya hingga 5 bulan terkahir tak kunjung ada kepastian.

“Biasanya 1 tahun setelah pendaftaran bisa berangkat. Tapi, sampai Februari kemarin, kami belum dikasih kepastian. Hanya dijanjikan saja,” katanya.

Bukannya berangkat, pada Februari lalu dirinya bersama seluruh jamaah lain, justru diminta untuk memberikan dana tambahan senilai Rp 2,5 juta untuk sewa pesawat. Namun, lagi-lagi hanya janji belaka dan kembali gagal berangkat.

“Kami berharap, pemerintah bisa memberikan sanksi kepada travel atas permasalahan yang berlarut-larut. Kalau perlu ditutup saja. Karena sudah meresahkan masyarakat,” tandasnya.

Pihak security FT Pamungkas mengatakan, saat ini pimpinannya sedang berada di Jakarta untuk mengurus jamaah yang keberangkatannya tertunda.

 

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.