Penuhi Kebutuhan BBM di Wilayah Pinggiran, Pemkab Tulungagung Menyediakan Pertashop

Tulungagung, koranmemo.com – Sulitnya akses dalam mencari bahan bakar minyak di wilayah pinggiran Kabupaten Tulungagung selalu menjadi permasalahan tersendiri bagi masyarakat. Namun kini, permasalahan tersebut sepertinya akan segera teratasi usai didirikannya tiga Pertashop oleh pemerintah atas kerjasama Kemendagri dan Pertamina.

Pertashop sendiri merupakan SPBU mini yang resmi bekerja sama dengan pihak Pertamina. Dimana hal itu berarti harga jual bahan bakar minyak di Pertashop juga sama dengan BBM yang dijual oleh SPBU Pertamina.

Di Tulungagung sendiri sudah ada sebanyak tiga pertashop di wilayah pinggiran Kabupaten Tulungagung. Tiga pertashop tersebut berada di Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo, Desa Tugu Kecamatan Sendang, serta Desa Pecuk Kecamatan Pakel.

“Meski Pertashop jaraknya jauh dari SPBU terdekat, namun harganya tetap sama tidak ada perbedaan. Dan lagi, akses masyarakat untuk membeli BBM kini sudah tidak jauh lagi. Sebagai contoh kalau dulunya warga Pagerwojo harus pergi ke Kauman yang berjarak sekiranya 10 kilo, kini aksesnya sudah dekat dengan adanya Pertashop ini,” jelas Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai meresmikan Pertashop di Wilayah Kecamatan Pagerwojo, Rabu (30/9).

Baca Juga: Sempat Buron 4 Tahun, Pelaku Pembunuhan Berencana Dibekuk Polres Pasuruan

Lebih lanjut, Maryoto menjelaskan, ke depannya nanti juga akan menambahkan Petrashop di setiap daerah yang aksesnya jauh dari SPBU.

“Setiap daerah yang aksesnya jauh dari SPBU dan belum ada Pertashop. Ke depannya akan kami usahakan untuk didirikan Pertashop. Bahkan kami juga akan mendukung dengan membantu menyediakan perizinan, hingga penyediaan lahan dengan bekerjasama dengan desa yang ditunjuk,” imbuhnya.

Baca Juga: Jelang Pilkada Serentak 2020, Polda Jatim Ajak Netizen Bijak Gunakan Medsos

Sementara itu, Direktur PT. Purwita Jaya Sentosa, Bambang Purwito mengatakan, ketersediaan bahan bakar minyak di Pertashop saat ini masih hanya BBM jenis Pertamax saja. Pasalnya Pertamina sendiri merasa hanya perlu menyediakan Pertamax terlebih dahulu. Namun itupun tidak menutup kemungkinan nantinya akan ditambahkan BBM jenis lain seperti dexlite hingga pertalite.

“Apalagi satu hari saja pembelian Pertamax sudah mencapai 500 hingga 600 liter. Sehingga tidak menutup kemungkinan, BBM jenis lain nantinya juga akan ditambahkan,” ujar Bambang.

Reporter: Mochammad Sholeh Sirri
Editor: Della Cahaya