Kebut Perekaman KTP-el, Dispendukcapil Turunkan Mobil Khusus

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar tancap gas. Ini kaitannya agenda perekaman KTP elektronik (KTP-el) jelang coblosan 9 Desember ini.

Plt Kepala Dispendukcapil Kota Blitar Imam Muslim mengatakan pihaknya kini menurunkan satu unit mobil untuk perekaman KTP-el. Mobil itu standby di kelurahan. Pasalnya sesuai data ada ribuan warga yang belum perekaman. Utamanya yang baru saja menginjak usia 17 tahun.

“Targetnya menuntaskan perekaman KTP-el demi Pilwali Kota Blitar,” kata Imam Muslim, Rabu (23/9).

Imam mengatakan, bahwasanya yang belum merekam adalah pemilih pemula. Targetnya sebelum coblosan harus sudah beres.

“KTP-el ini sebagai salah satu syarat pemilih bisa menyalurkan hak pilihnya atau nyoblos nanti. Maka dari itu kami kebut perekamannya secepatnya,” katanya lagi.

Baca Juga: Kejari Kabupaten Madiun Musnahkan Barang Bukti, Didominasi Kasus Narkoba

Pihaknya juga sudah koordinasi dengan KPU kaitannya dengan pendataan pemilih. KPU sendiri mencatat ada sekitar 1.000 pemilih pemula belum perekaman.

Sementara itu, KPU Kota Blitar sudah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS). Totalnya ada sebanyak 114.895 pemilih. Jumlah tersebut ditetapkan berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih beberapa waktu lalu sesuai dokumen AKWK.

Baca Juga: Ada 1.635 Kasus Perceraian di Kabupaten Madiun, Apa Pemicunya?

Sebanyak 114.895 DPS itu tersebar di tiga kecamatan. Terdiri dari pemilih laki laki sebanyak 56.028 dan perempuan sebanyak 58.867.

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi
Editor: Della Cahaya