Kawah Putih Ciwidey Bandung, Awalnya Dikenal Sebagai Tempat Yang Angker

Share this :

Bandung, koranmemo.com –¬†Ketika kita berencana untuk mengadakan wisata ke Bandung, pasti kita ingin mengunjungi Kawah Putih. Maklum saja karena memang destinasi wisata Kawah Putih adalah tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Lokasinya juga tidak sulit untuk dijangkau meski menggunakan bus besar sekali pun. Kawah Putih berada di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan kota Bandung.

Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari campuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.

Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, suhu udara di kawasan Kawah Putih tentu saja dingin dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius, oleh karena itu jangan lupa membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal.

Baca Juga: Film Flu (2013): Kembali Dibicarakan Sejak Coronavirus Mewabah

Mengenai cerita Kawah Putih bermula pada abad ke 10 di mana terjadi letusan hebat Gunung Patuha. Setelah letusan ini, banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan mengenai angkernya tempat ini mulai pudar, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani kebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian.

Follow Untuk Berita Up to Date