Kasus Pembuangan Limbah di Kota Kediri, Polisi Periksa 3 Orang

Kediri, koranmemo.com — Polresta Kediri terus melakukan upaya penyelidikan mengenai kasus tumpukan puluhan karung yang diduga berisi limbah. Puluhan karung ini ditemukan di dua lokasi di wilayah hukum Polresta Kediri, yaitu di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri dan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Saat ini, Polresta Kediri sudah memeriksa tiga orang terkait kasus tersebut.

Kapolresta Kediri, AKBP Miko Indrayana mengatakan, untuk terkait permasalahan limbah yang menjadi salah satu topik perbincangan dan sempat viral di berbagai media sosial (medsos). “Hingga saat ini kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak Lingkungan Hidup,” jelasnya, Kamis (19/12).

Selain itu, lanjutnya, Polresta Kediri dan instansi terkait terus melakukan pendampingan kepada masyarakat sehingga dampak keberadaan tumpukan karung yang diduga berisi limbah ini dapat diminimalisir.

Terkait para pelaku, menurut AKBP Miko, saat ini sudah mengamankan beberapa pelaku yang membawa puluhan karung tersebut ke dua lokasi di wilayah hukum Polresta Kediri. “Dari para pelaku yang membawa karung yang diduga berisi limbah, kami mencoba melakukan pemeriksaan dan penyelidikan,” ucapnya.

Sementara ini, sambungnya, ada tiga orang yang diperiksa. Ketiga orang ini sementara masih berstatus sebagai saksi. “Statusnya masih belum kami tingkatkan, masih saksi belum menjadi tersangka dalam kasus ini. Mereka ini adalah supir truk yang membawa barang diduga limbah,” imbunya.

Untuk pasal atau ancaman hukuman, menurut AKBP Miko, kasus tersebut merupakan kasus pencemaran lingkungan. “Yaitu terkait pembuangan limbah. Seharusnya mereka memperhatikan bagaimana pengolahannya, tempat pembuangannya seperti apa. Kami masih fokus pendampingan sehingga tidak berdampak luas bagi masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor  Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date