Kasus Covid-19 Capai 2.885, Kab. Kediri Kembali Zona Merah

Kediri, koranmemo.com – Setelah melandai di zona oranye, awal minggu ini Kabupaten Kediri kembali masuk zona merah. Data Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kediri menyebutkan per Selasa (12/1) petang untuk jumlah pasien Covid 19 mencapai 2.885, dalam perawatan 280 orang, sembuh 2.377 orang dan meninggal 228 orang.

Dalam kondisi kekinian warga Kabupaten Kediri diharapkan semakin ketat memperhatikan kesehatan diri sendiri di manapun. Sebaiknya jika tidak ada kepentingan keluar rumah lebih baik ditunda atau di rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Ini demi keselamatan keluarga dan lingkungan.

Dr Ahmad Khatib juru bicara Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kediri menyampaikan yang perlu diwaspadai adalah kedatangan keluarga dari luar daerah atau sebaliknya warga Kabupaten Kediri berkunjung ke luar daerah karena ada acara keluarga.

Bisa jadi hal ini akan menambah jumlah paparan Covid 19 Kabupaten Kediri.
Satgas Covid 19 mendukung langkah kebijakan Pemkab Kediri yang membatasi Kepala Dinas dan ASN rapat keluar daerah ataupun warga yang keluar daerah Kabupaten Kediri. Hal tersebut sebagai pencegahan agar warga Kabupaten Kediri yang terpapar Covid 19 tidak bertambah terus.

“Kita harapkan warga di Kabupaten Kediri benar-benar disiplin dalam penerapan Protokol kesehatan. Terlebih imbauan pemerintah untuk semakin waspada penularan Covid 19 saat ini yang begitu cepat. Setiap saat rumah sakit senantiasa menerima pasien baru Covid 19 dengan umur beragam. Karena covid 19 tidak pandang usia untuk penularanya,” ujarnya.

Khatib menjelaskan, paling ideal untuk jaga diri dan keluarga tidak terpapar Covid 19 saat ini dengan tidak pergi keluar daerah Kabupaten Kediri, tidak berkerumun, jaga jarak,bpakai masker dan senantiasa mencuci tangan dengan Hand Sanitiser atau sabun. Hal yang lebih serius lagi warga disarankan mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi dan seimbang.

“Sangat penting dilakukan untuk imunitas tubuh. Disisi lainya bagi yang menggelar hajatan hendaknya benar-benar mengikuti arahan dari Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kediri. Dengan maksud tidak terjadi claster hajatan,klaster wisata dan klaster keluarga. Yang penting jaga diri dan kesehatan demi keluarga karena Covid 19 ini tergolong sangat ganas,” imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu