Kasasi Turun, Tiga Koruptor Dijebloskan Rutan Ponorogo

Share this :

Ponorogokoranmemo.com –Tiga koruptor dijebloskan ke Rutan Kelas 2 B Ponorogo oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo. Salah satu diantaranya merupakan oknum Guru PNS aktif di lingkup Dinas Pendidikan Ponorogo, yakni, Suprayogi (50) oknum PNS Guru SD Banjar 2 Kecamatan Bungkal.

Satu dari 6 tersangka kasus  rekrutmen tenaga siluman Dinas Perhubungan tahun 2011,yang merugikan negara Rp 100 juta ini, dijemput paksa di rumahnya di Kecamatan Bungkal.

Eksekusi juru pungut 10 tenaga siluman ini sendiri berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) nomor 2665K/Pidsus/2018  tertanggal 20 Desember 2018.Sedangkan 2 koruptor lainnya adalah, Ketua Koperasi Syariah Sunarto, dan Meneger Koprasi Syariah Nurmakiyah. Eksekusi dua tersangka kasus Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUMKM) Republik Indonesia tahun anggaran 2011, dengan total kerugian Rp 875 juta ini berdasarkan Putusan Kasasi MA nomor 1604K/Pidsus/2018 tertanggal 14 November 2018. Keduanya juga dijemput paksa dirumahnya di Kecamatan Mlilir Kabupaten Madiun.

Kasi Pidsus Ponorogo Sapto Legowo mengatakan, dalam putusan kasasinya Suprayogi dijatuhkan hukuman 1 tahun 3 bulan denda Rp 50 juta subsider 3 bulan penjara. Sedangkan Suranto dan Nurmakiyah diganjar hukuman 2 tahun penjara.” Hari ini kita lakukan  eksekusi bersamaan 3 terpidana korupsi dari 2 kasus berbeda. Kita eksekusi setelah putusan kasasinya muncul. Kita jebloskan ke Rutan Kelas 2 B Ponorogo,” ujarnya.

Sapto menambahkan,  4 tersangka kasus rekrutmen tenaga siluman Dishub yang hingga kini belum dieksekusi, lantaran masih menunggu proses kasasi di MA. Mereka yakni, Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Widhie Wahyu Atmadja dan Mantan Kepala UPT Terminal Seloaji Ponorogo, Muhammad Damin, Ibnu Malik (Ketua Organda), Agus Purwanto mantan pegawai Dishub Ponorogo.” Untuk kasusnya Supryogi masih 4 orang yanh belum dieksekusi. Untuk kasus LPDB sudah semua,” pungkasnya.

Reporter Zainul Rohman
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date