Kanwil Minta Petugas Lapas dan Warga Binaan Patuhi Protokol Kesehatan Terkait Covid-19

Madiun, koranmemo.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur, Krismono meminta petugas Lapas /Rutan serta warga binaan pemasyarakatan (WBP) agar mematuhi protokol kesehatan terkait virus Corona (covid-19).

Hal itu disampaikan saat pendistribusian alat pelindung diri (APD) di Lapas Klas I Madiun, Minggu (12/4).

“Harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19. Jangan sampai ada warga binaan atau petugas yang terindikasi terpapar virus corona,” katanya.

APD tersebut secara simbolis diserahkan kepada kepala Lapas Kelas I Madiun, Kepala Lapas Pemuda Kelas II-A Madiun, Kepala Rutan Kelas II-B Magetan, Kepala Lapas Kelas II-B Ngawi dan Kepala Rutan Kelas II-B Nganjuk.

APD itu antara lain alat semprot disinfektan, oksigen, alkohol 70 persen, thermo gun, hand sanitizer hingga masker. Untuk pakaian Hazmat serta masker jenis N-95, saat ini masih dalam proses pengadaan, karena pihaknya baru memesan ke pihak ketiga.

Dikatakan, pihaknya telah melakukan revisi anggaran untuk melakukan pencegahan dan penanganan Covid 19. Karenanya ia berharap agar bantuan yang ada dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Barang yang dibagikan saat ini diprioritaskan untuk petugas, terutama di bagian medis.

“Ini menjadi hal yang sangat penting. Inilah upaya-upaya kita dari kantor wilayah dalam rangka turut serta mencegah dan menangani masalah virus corona di Jawa Timur ini,” katanya.

Reporter M.Adi Saputra/Juremi
Editor Achmad Saichu