Kantor First Travel Sidoarjo Digeledah Polisi

Sidoarjo, koranmemo.com – Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo melakukan penggeledahan di kantor cabang First Travel (FT). Petugas kepolisian berhasil mengamankan beberapa pasport dan dokumen serta bukti rekening koran milik PT. cabang First Travel Sidoarjo.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris mengatakan penggeledahan yang dilakukan pihak kepolisian menyusul adanya laporan korban yang merasa dirugikan oleh pihak travel.  Hal itu bertujuan untuk mencari bukti-bukti dan transaksi rekening atas pemberangkatan calon jemaah umroh.

“Sampai tadi malem (03/09) ada sekitar 40 jemaah yang sudah melapor ke posko Crisis Centre. Dari penggeledah tersebut berhasil diamankan beberapa berkas, salah satunya paspor. Dari 40 jemaah yang lapor ke polres, paspornya sudah dikembalikan. Namun ada 6 yang belum. Nanti akan kami serahkan kepada pemiliknya di Mapolresta,” ungkap Harris usai penggeledahan, Senin, (4/9/ 2017).

Dikatakan, pihaknya juga mengamankan rekening koran milik FT.  Meski begitu pihaknya belum bisa membeberkan lebih detail lantaran masih dalam proses pendataan. “Karena (korban) disini banyak, maka butuh waktu untuk melakukan pendataan itu,” ucapnya.

Diterangkan Harris lebih lanjut, pemeriksaan sudah sampai meminta keterangan dari para saksi, baik saksi pelapor maupun terlapor (FT).

“Kami buat dua sistem pelaporan. Satu pelapor, dan satunya lagi membuat laporan polisi. Setelah kita lakukan pemeriksaan terhadap aliran dananya, ternyata mengarah ke Cabang First Travel. Makanya nanti kami kembangkan lagi,” tegasnya.

Dari beberapa laporan polisi yang mereka buat dengan melihat dari beberapa bukti para calon jemaah sudah membayar uang senilai Rp. 14,3 juta dan dana tambahan sebanyak Rp 2,5 juta untuk pemberangkatan umroh tersebut, namun sampai sekarang tidak diberangkatkan.

“Sementara ini aliran dananya lari ke  First Travel Pusat. Jika nantinya ada indikasi lain yang bermuara selain kantor pusat, maka akan kami selidiki lebih lanjut,” tandasnya.

Lebih lanjut mantan Kapolsek Simokerto Polrestabes Surabaya ini mengutarakan jika pihaknya juga belum menemukan bukti uang cash milik jemaah di kantor cabang First Travel Sidoarjo. Hanya saja terdapat bukti rekening koran yang sudah disetorkan ke pusat.

“Dalam waktu dekat. Kami akan lakukan pemeriksaan terhadap saksi dari Kantor Cabang First Travel Sidoarjo. Karena yang bersangkutan saat ini masih di Jakarta,” pungkasnya.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.