Kantor Bea Cukai Blitar Sosialisasi Pita Cukai 2018

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Kantor Pelayanan dan Perizinan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Blitar berupaya memberikan pemahaman dan penjelasan terkait keberadaan pita cukai rokok dan barang-barang kena cukai melalui sosialisasi kepada para jurnalis di wilayah kerjanya,Selasa (5/6).

Soasialisasi penggunaan pita cukai pada produk barang kena cukai sangat penting untuk kepentingan negara dalam menentukan keberlangsungan APBN.

Sementara itu, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Blitar, Mohamad Arif Setyo Nugroho mengemukakan pita cukai adalah dokumen sekuriti negara yang juga merupalan alat pengawasan pungutan negara yang dikenakan pada barang kena cukai (BKC).

” Sangat perlu adanya sosialisasi mengenai pita cukai, agar masyarakat paham dan mengerti, ” ungkapnya.

Selama proses sosialisasi tersebut, para peserta juga diajari bagaimana cara membedakan pita cukai asli dan palsu dengan menggunakan beberapa peralatan khusus, termasuk kaca pembesar. Selain itu, peserta sosialisasi juga ditunjukkan tiga jenis pita cukai rokok yang berbeda, tergantung golongan, yakni golongan I, II dan III yang memiliki perbedaan warna.

Bahkan, ada yang menggunakan air untuk mengukur dan mengetahui asli tidaknya pita cukai tersebut. Caranya, kertas yang digunakan ditetesi sedikit air, jika kertas tersebut asli, akan keluar serat-serat lembutnya, dan sebaliknya jika palsu, tidak akan mengeluarkan apa-apa, bahkan kertasnya akan rusak.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor: Achmad Saichu