Kalapas Baru Akan Perbanyak CCTV

Share this :

Tulungagung, koranmemo.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Tulungagung dianggap masih kekurangan kamera CCTV. Tunggul Buwono yang sekarang menjadi Kepala Lapas Kelas II B Tulungagung akan menambah jumlah pengawasan dari CCTV maupun memperkuat pengawasan melalui anggotanya.

Tunggul Buwono secara resmi telah menggantikan Erry Taruna sebagai Kalapas Tulungagung, Rabu (22/1). Dia akan memperbaiki beberapa sistem pengawasan agar tidak terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh warga binaan. Salah satunya dengan memperbanyak CCTV.

“Kita memang kekurangan CCTV, saya sudah lihat itu. Untuk sementara akan kita optimalkan yang sudah ada dulu,” ujar mantan Kalapas Tasikmalaya tersebut.

Tunggul menambahkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan mengajukan bantuan ke Pemkab Tulungagung. “Itu hibah, dari intansi samping. Secara aturan boleh saja, dan jika memang ada kita akan memaksimalkan itu,” jelasnya.

Selain itu, personel Lapas Kelas II B akan dioptimalkan dalam penjagaan lapas. Hal itu agar tidak terjadi pelemparan narkotika dari luar lapas seperti yang terjadi di Lapas Trenggalek beberapa waktu lalu.

“Saya lihat modus pengiriman barang dari depan sudah tidak terjadi, penjagaan dari depan sudah optimal. Tinggal modus operandi dari eksternal termasuk pelemparan barang dari luar, ini yang akan kita cari solusinya. Penjaga sudah kita minta untuk menyisir lapas setiap pagi agar bersih dari barang – barang yang tidak boleh masuk ke lapas,” jelas Tunggul.

Reporter: Zayyin Multazam Sukri
Editor: Della Cahaya