Kadisperindag Jatim: Harga Cabai Akan Normal Awal Agustus

Surabaya, koranmemo.com – Harga cabai di Jawa Timur tiap minggunya mengalami peningkatan harga. Untuk cabai rawit saat ini berada dikisaran harga 60.000 perkilogramnya. Sedangkan cabai merah keriting 55.000 dan cabai merah biasa 56.000 per kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Drajat Irawan mengatakan, kondisi ini disebabkan belum panennya para petani cabai, sehingga terjadi kelangkaan yang berujung pada naiknya harga cabai tersebut.

Dikatakan, beberapa daerah penghasil cabai yang belum panen ialah Blitar, Malang, Banyuwangi, Tuban, Nganjuk, Lumajang.

“Daerah yang memiliki hasil panen sementara ini masih beberapa wilayah, kemarin kita sudah kunjungi di Jember. Di Jember kemarin ada sembilan ton per hari. Kemudian ada lagi di Bojonegoro satu setengah ton perhari,” ucapnya Rabu (17/7).

Produksi cabai yang menurun ini menurutnya yang menjadi penyebab harga jadi meroket. Menurutnya, ini hanya masalah ketersediaan bahan saja. Ia berharap saat nanti sudah musim panen, maka harga juga akan kembali normal.

“Di akhir bulan Juli atau mungkin di awal Agustus, hasil panen sudah ada dari Blitar, Nganjuk, Lumajang, Malang dan beberapa wilayah lain, jadi bisa dipastikan harga akan kembali normal juga,” pungkasnya.

Reporter: Dimas Mahendra

Editor Achmad Saichu