Kabupaten Madiun Tutup Total Obyek Wisata

Madiun, koranmemo.com – Kabupaten Madiun menjadi salah satu daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11 – 25 Januari 2021. Untuk itu, sejumlah peraturan pun telah dibuat untuk melaksanakan kebijakan tersebut.

Dalam surat edaran (SE) Bupati Madiun, mengeluarkan sejumlah instruksi. Di antaranya, membatasi usaha di bidang pariwisata.

“SE sudah tersebar ke semua pengelola wisata, Pokdarwis, Camat dan Kepala Desa. Mulai senin sudah sosialisasi sekaligus mengingatkan dan mulai monitoring dari tiga pilar desa,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, Anang Sulistijono, Rabu (13/1).

Terkait sistem pengawasan Dinas Pariwisata melakukan monitoring berjenjang melalui Satgas Covid-19 tingkat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pengelola wisata yang mempunyai fungsi pengawasan.

“Juga melalui tiga pilar desa dan kecamatan,” ujarnya.

Namun kultur wisata di Kabupaten Madiun yang mayoritas wisata alam tidak mungkin bisa ditekankan 100 persen tutup.

“Prinsipnya tetap kita himbau untuk tidak berwisata. Kalau di luar ticketing itu kemauan mereka sendiri, kalau terjaring operasi satgas pasti mendapat sanksi teguran dan sanksi sosial,” tambahnya.

Reporter : Feby Dian Nurrahayu/Juremi
Editor : Della Cahaya