Kabupaten Kediri Kembali Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Kediri, koranmemo.com, – Kabupaten Kediri kembali meraih prestasi. Kali ini, bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional, Kabupaten Kediri menyabet penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan. Wahana Tata Nugraha (WTN) adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang dinilai berprestasi dalam  transportasi perkotaan. Sehingga tercipta sistem transportasi perkotaan yang tertib, lancar, selamat, aman dan bekelanjutan. Penilaian dimulai tahun 2018 lalu dengan tahap pengusulan, seleksi administrasi dan survei lokasi. Dilanjutkan dengan penilaian hasil survei dan penetapan peraih penghargaan WTN pada tahun 2019.

Adapun objek penilaian meliputi bidang lalu lintas, bidang angkutan, bidang sarana trasportasi, bidang prasarana transportasi dan bidang umum. Beberapa titik pantau penilaian di Kabupaten Kediri yaitu Jl. Kediri – Kertosono, Jl. Soekarno Hatta, Jl. Erlangga dan Jl. Totok Kerot.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengapresiasi penghargaan tertinggi dari Kemenhub. Menurutnya, tidak semua daerah mendapatkan penghargaan ini dan harus dipertahankan. Hal ini merupakan prestasi yang diraih dengan tidak mudah, karenanya perlu dipertahankan penghargaan ini.

“Dengan demikian pola pengaturan arus lalu lintas di Kabupaten Kediri memang dinilai baik. Sehingga mendapatkan apresiasi tinggi dari pemerintah untuk memberikan penghargaan ke Pemkab Kediri. Tentunya Dishub harus terus bersinergi dengan intansi lainya untuk menciptakan suasana arus lalu lintas yang lebih baik,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, Joko Suwono, S.Sos. MAP mengatakan, salah satu hal yang menjadi nilai tambah Kabupaten Kediri adalah keberadaan underpass di Kawasan SLG.
“Ada underpass menuju Monumen SLG. Penyebarangan di bawah jalan ini jarang ada di tempat lain. Termasuk juga berfungsinya trotoar sebagai jalur pejalan kaki, bukan untuk pedagang kaki lima,” katanya.

Penghargaan WTN, lanjut Joko, merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atas komitmennya untuk membangun sarana prasarana lalu lintas dan menata transportasi serta pelayanan transportasi.
“Dengan penghargaan WTN ini, dapat memberi motivasi kami sebagai leading sector di bidang perhubungan, untuk terus meningkatkan pelayanan di bidang transportasi. Masih banyak yang perlu dibenahi, tapi dengan dukungan semua pihak, semoga prestasi ini dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan,” jelasnya.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date