Kabar Baik Lagi, Pasien Covid-19 di Trenggalek Sembuh

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Salah satu pasien Covid-19 di Trenggalek dinyatakan sembuh. Pasien berkode pasien 04 ini dinyatakan sembuh pascahasil swab test untuk kedua kalinya dinyatakan negatif.

Sembuhnya pasien 04 ini disampaikan langsung oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dalam telekonferensi yang diterima media, Sabtu (23/5).

“Meskipun sudah sembuh pasien 04 ini harus tetap disiplin memakai masker, tetap melakukan physical distancing dan dihimbau untuk sering cuci tangan atau mematuhi segala bentuk protokol kesehatan Covid 19 ini,” kata Mas Ipin.

Pasien 04 itu adalah warga Kecamatan Gandusari. Ia dinyatakan positif virus corona pasca hasil swab positif pertama pada 12 Mei lalu. Kemudian, pada 13 Mei dan 18 Mei dilakukan swab test pada salah satu fasilitas kesehatan swasta hasilnya negatif. “Karena dua kali hasil swab test negatif maka pasien ini telah dinyatakan sembuh dari virus corona,” ujarnya.

Kabar baik lainnya, hasil rapid test pada kontak erat pasien 04 juga dinyatakan negatif. Mereka adalah istri, menantu dan tiga anak pasien 04. Mereka menjalani rapid test sebanyak dua kali setelah sebelumnya menjalani isolasi.

“Kami mengambil beberapa langkah penyikapan, salah satunya memerintahkan kepada Dinas Kesehatan untuk menerbitkan surat keterangan sehat kepada pasien 04,” ujarnya.

Mas Ipin juga mengumumkan hasil tracing dengan melakukan rapid test kepada sekitar 1.000 orang dari beberapa kluster. Mulai kluster pusat keramaian, pendatang, dan beberapa kluster lainnya. Sebanyak 14 orang dinyatakan reaktif. Mereka telah menjalani swab test. “Semua yang reaktif rapid test sudah dilakukan swab test oleh dinas kesehatan,” kata Mas Ipin.

Meskipun belum ada transmisi lokal atau kluster lokal penyebaran pandemi itu, pemerintah setempat mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mematuhi protokoler kesehatan yang telah ditetapkan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan Salad Idul Fitri  di rumah bersama keluarga dan silaturahmi diminta dilaksanakan secara virtual. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini ada sebanyak tiga pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani isolasi, yaitu pasien 02, pasien 03 dan pasien 05. Total ada lima pasien positif, dua diantaranya sembuh.

Reporter: Angga Prasetya

Editor: Della Cahaya