Joaquin Phoenix Suarakan Permasalahan Lingkungan di Oscar

Share this :

Los Angeles, koranmemo.com – Peraih penghargaan kategori Aktor Terbaik Oscar, Joaquin Phoenix menjadikan panggung Oscar untuk menyuarakan permasalahan lingkungan. Pada acara penghargaan Oscar Senin (10/2), dia menyuarakan perihal kerusakan lingkungan yang selama ini telah dilakukan oleh manusia.

Hal ini dia suarakan ketika menerima Piala Oscar setelah meminta semua yang hadir untuk berhenti bertepuk tangan sejenak. “Saya tengah berpikir keras mengenai beberapa permasalahan menyedihkan yang sedang kita hadapi saat ini. Dimana terkadang kita merasa melakukan hal tersebut karena memperjuangkan hal tertentu,” ujar Joaquin Phoenix dikutip dari BBC.

Menurut Joaquin, semua permasalahan tersebut memiliki kesamaan. Saat kita berbicara permasalahan ketidaksetaraan jenis kelamin, rasisme, adat, binatang, ataupun persoalan lain, sebenarnya kita sedang berbicara tentang perang melawan ketidakadilan.

Joaquin yang merupakan seorang penggiat vegetarian menganalogikan ketidakadilan itu pada proses hidup sapi. Dia mengatakan, manusia seperti memiliki hak untuk membuahi sapi dengan cara yang tidak alami. Setelah sapi itu melahirkan, manusia juga akan mencuri bayinya meskipun tangisan kesedihan tidak bersalah mewarnai kegiatan itu.

Setelah menyuarakan mengenai persoalan ketidakadilan itu dia juga sedikit menceritakan mengenai masa lalunya pada pidatonya. “Saya pernah menjadi seorang bajingan, saya juga terkadang kejam dan sulit bekerja dengan orang lain. Namun banyak orang di ruangan ini telah memberikan saya kesempatan kedua,” ujarnya.

Terakhir, dia menutup pidatonya dengan mengutip lirik yang ditulis oleh saudaranya, River. “Run to the rescue and love and peace will follow,” pungkasnya.

Sebelumnya, Brad Pitt yang mendapatkan penghargaan untuk pemeran pendukung terbaik juga menyinggung masalah politik yang sedang terjadi di Amerika Serikat. Dia menyinggung masalah terkait sidang pemakzulan Presiden Donald Trump.

Joaquin Phoenix tahun ini mendapatkan penghargaan sebagai pemeran terbaik atas aksinya dalam film Joker. Dia yang berperan dalam film itu benar-benar dapat menjiwai bagaimana karakter tersebut dapat berubah dari seorang yang baik hati menjadi seorang yang bertindak gila dan melakukan banyak kejahatan setelah disia-siakan oleh lingkungannya.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya