Jemput Bola, Realisasi Pajak Samsat Trenggalek Capai Rp 111 M

Trenggalek, koranmemo.com – Realisasi pendapatan pajak Pelayanan Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Trenggalek di tahun 2018 mencapai Rp 111 miliar. Realisasi itu telah melampaui target dengan persentase 116 persen berdasarkan target tahun 2018 yakni sebesar Rp 95 miliar. Realisasi target itu membuat optimis target sebesar Rp 96,4 miliar di tahun 2019 bakal terlampaui.

Nanang Heri Suharno, Administrator Pelaksana (Adpel) Pengolahan Data Pelayanan Perpajakan (PDPP) Pelayanan Kantor Bersama Samsat Kabupaten Trenggalek mengatakan, realisasi pendapatan pajak di tahun 2018 meningkat sebesar 16 persen. Pendapatan pajak itu bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Air Permukaan. “Target terlampaui dengan persentase 116 persen,” ujarnya, Kamis (10/1).

PKB berdasarkan realisasi tahun lalu mencapai persentase 117 persen dengan rincian realisasi pendapatan Rp 76 miliar dari target yang ditentukan yakni sebesar Rp 65 miliar. Sementara BBNKB juga meningkat sebesar Rp 7 miliar dari target yang ditetapkan sebesar Rp 29 miliar. Realisasi pendapatan pajak air permukaan juga meningkat hingga mencapai persentase 123 persen. “Secara total targetnya 95 M dan terealisasi Rp 111 M,” kata Nanang.

Peningkatan realisasi pendapatan pajak itu, lanjut Nanang tak lepas dari peran serta keaktifan masyarakat dalam membayar pajak. Selain itu, efektivitas pemberitahuan pembayaran kepada penanggung pajak secara berkala dengan mengirimkan surat secara door to door dinilai efektif. “Kami juga jemput bola dengan mengirimkan surat pemberitahuan secara door to door. Selain itu tentunya tak lepas dari peran serta masyarakat dalam membayar pajak,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pemutihan denda pajak kendaraan bermotor yang berlangsung 24 September hingga 15 Desember 2018 lalu, Pelayanan Kantor Bersama telah menerima pendapatan hingga Rp 1 miliar. Jumlah itu merupakan realisasi dari 4000 objek kendaraan yang melakukan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date