“Jemput Bola”, KPU Pastikan Partisipasi Pemilih

Nganjuk, koranmemo.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk membuka Pos Pemutakhiran Daftar Pemilih. Pos yang rencananya dibuka hingga enam kali sebelum pencoblosan itu bertujuan memfasilitasi masyarakat untuk memastikan data dirinya telah terdaftar dalam Daftar Pemilih (DPS/DPT) secara benar dan akurat.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Nganjuk, Muchiyin mengungkapkan, Pos Pemutakhiran Daftar Pemilih dijaga oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang tersebar di 20 kecamatan. “Jadi setiap kecamatan ada satu pos, sehingga total di Nganjuk ada 20 pos dengan titik berubah-rubah. Yang pasti memilih lokasi yang ramai dan strategis,” ungkapnya.

Muchiyin menyebut pembukaan pos ini akan dilaksanakan sebanyak 6 kali, rinciannya 3 kali setelah penetapan DPS (Daftar Pemilih Sementara) dan 3 kali setelah DPT (Daftar Pemilih Tetap). Sebanyak 5 orang PPK menjaga setiap pos dengan dibantu PPS (Panitia Pemungutan Suara) secara bergantian.

“Bagi masyarakat yang ingin mengecek namanya bisa dilakukan secara online maupun manual. Dengan begitu masyarakat bisa mengetahui namanya sudah terdata dengan benar atau belum. Saat ini sudah ada 855.403 yang tercatat dalam DPS,” imbuhnya.

Lebih jauh, Muchiyin berharap pembukaan pos ini selain memfasilitasi juga bisa untuk memastikan kebenaran nama pemilih. Dia menyebut pembukaan pos ini ibarat “jemput bola”, sehingga masyarakat dapat mengoreksi secara langsung data dirinya sebagai pemilih dalam Pilbup maupun Pilgub 2018.

“Bagi masyarakat yang data dirinya belum dimasukkan, bisa dimasukkan dengan memenuhi persyaratan yang berlaku,” papar Muchiyin. (and)

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu