Jembatan Lama Kertosono Segera Direnovasi

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Jembatan lama Kertosono yang ambles pada Februari 2018 silam, sudah lama terabaikan. Angin segar mulai berembus saat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Nganjuk menyatakan sudah mengajukan rencana pembangunan jembatan kepada Kementerian PUPR pusat, supaya jembatan peninggalan Belanda yang masih kerap dijadikan tempat warga beraktivitas itu segara direnovasi.

“Sejak 2019 lalu kami sudah komunikasikan perihal jembatan Kertosono ini kepada Kementrian PUPR. Saat itu, dari kementerian memberikan dua opsi untuk prioritas jalan dan jembatan,” kata Gunawan Widagdono, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk.

Sesuai dengan visi misi Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat, tahun ini perbaikan infrastruktur jalan menjadi prioritas. “Sebenarnya dua hal ini sama-sama pentingnya, namun pengerjaan jalan akan lebih diutamakan,”katanya.

Gunawan melanjutkan, pembangunan jalan kemungkinan akan rampung pada tahun ini. Tidak menutup kemungkinan, pada tahun 2021 nanti jembatan lama Kertosono akses untuk warga Jombang-Kertosono ini akan segera digarap. “Tinggal menunggu instruksi dari kementerian,”tambahnya.

Sementara menunggu giliran perbaikan, Gunawan mengimbau supaya masyarakat yang masih memanfaatkan jembatan sebagai jalan alternatif agar tidak lagi melwatinya. Sebab, bangunan yang tidak lagi kokoh dan jalan yang sudah berlubang rentan terjadinya kerusakan dan mengakibatkan kecelakaan.

Terpantau, jembatan yang diberi pagar seng sebagai penghalang supaya masyarakat tidak bisa melwatinya kini sudah rusak dan beberapa warga yang mencari rumput dengan santai melewati jembatan tanpa rasa khawatir dengan keadaan jembatan.

Reporter Inna Dewi Fatimah
Editor Achmad Saichu