Jelang Tahun Baru Hijriah, Warga Kudan Doa Bareng di Pinggir Jalan

Share this :

Tulungagung, Koranmemo.com – Kekompakan ditunjukkan warga RT 3/RW 3 Dusun Kudan, Desa Tiudan, Kecamatan Gondang. Kali ini mereka menggelar doa bersama rangka menyambut malam peringatan Tahun Baru Islam 1442 hijriah, Rabu (19/8).

Doa tidak digelar di dalam rumah melainkan di jalan dusun yang berada di tengah kampung.

Jalan yang biasanya ramai mendadak sepi. Karena sekitar 50 kepala keluarga duduk bersila di pinggir jalan. Warga tetap memberlakukan protokol kesehatan. Mulai wajib mengenakan masker saat tiba di lokasi mencuci tangan agar terhindar dari Covid-19.

Rohmat, salah satu ulama di Dusun Kudan mengatakan, doa bersama itu punya makna mulia. Salah satu yang paling utama agar wabah Covid-19 segera berlalu. Sehingga kehidupan kembali normal. “Selain itu agar di tahun baru 1442 ini warga Dusun Kudan semakin sejahtera dan kompak dalam segala hal. Yang lebih penting lagi warga Kudan tidak ada yang kena Korona,” harapnya.

Baritan digelar pukul 17.00. Diawali dengan doa bersama dan diakhiri dengan makan bareng di pinggir jalan dusun. Suasana akrab di dusun yang terkenal dengan guyub rukun antar warga ini. Usai doa, warga berduyun-duyun ke musala untuk salat Magrib berjamaah. Selanjutnya secara bersamaan membaca doa akhir tahun. Harapannya tahun Islam yang baru Dusun Kudan dijauhkan dari bencana dan wabah penyakit.

Reporter: Abdul Aziz Wahyudi

Editor: Della Cahaya