Jelang Tahapan Pilkada, Usulkan Unit Pelayanan Kecamatan

Nganjuk, koranmemo.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Nganjuk, mengusulkan pembentukan unit pelayanan tingkat kecamatan menjelang Pilkada (pemilihan kepala daerah) pada 2018 mendatang. Hal itu guna memaksimalkan fungsi lantaran tenaga yang ada saat ini dirasa masih sangat kurang.

Kepala Satpol PP Pemkab Nganjuk, Abdul Wakhid mengungkapkan, pembentukan unit tersebut sangat penting. Pihaknya mengakui jika masih kekurangan tenaga, sehingga dengan pembentukan unit pelayanan tingkat kecamatan diharap dapat memaksimalkan kinerja. Saat ini pihak Satpol PP telah mengajukan usulan ke Pemkab Nganjuk untuk diajukan ke DPRD Kabupaten Nganjuk.

“Itu sangat penting, apalagi menjelang Pilkada tahun depan, dengan jumlah tenaga yang ada saat ini masih sangat kurang, September inikan sudah masuk tahapan Pilkada. Dengan pembentukan unit pelaksana di tingkat kecamatan, seperti halnya satuan kerja lain, tugas kami akan lebih maksimal,” ungkapnya saat dikonfirmasi Koran Memo, Jumat (18/8).

Wakhid menambahkan, untuk saat ini karena Susunan Organisasi Tata Kerja baru (SOTK) Pol PP di tingkat kecamatan yang langsung mendapat arahan dari Camat, tugas dan fungsinya di tingkat kecamatan kurang jelas dan maksimal. “Pol PP di Kecamatan ada yang menjadi sopirnya camat, inikan kurang tepat,” imbuhnya.

Selain itu, meskipun wilayah Kabupaten Nganjuk sebetulnya di tiap-tiap kecamatan sudah ada Pol PP yang bertugas, namun karena dinilai masih kurang dalam melakukan koordinasi sehingga malah kurang maksimal tugas dan fungsinya. “Untuk saat ini, di tingkat kecamatan itu dibagi menjadi dua kelas, Kecamatan kelas A dan B, untuk kecamatan kelas A seperti Kertosono dan Warujayeng jumlah anggotanya delapan, sedangkan untuk kelas B itu ada lima,” jelas Wakid.

Lebih lanjut, Wakhid mengatakan, kurangnya koordinasi tugas yang semestinya menjadi beban kecamatan seolah menjadi beban Pol PP kabupaten. “Contohnya, beberapa waktu yang lalu itu, anggota DPRD Pak Marianto menghubungi ada baliho dan baner tak berizin di wilayah Gondang. langsung anggota dari Kabupaten meluncur kesana, seharusnya itukan tugas Pol PP Kecamatan,” tukasnya.

Pihaknya berharap pembentukan Unit Pelayanan tingkat Kecamatan tersebut disetujui sehingga pada saat Pilkada nanti, koordinasi kerja lebih maksimal, sehingga tugas pelayanan terhadap masyarakat juga berjalan lancar.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.