Jelang Suro, Pagayuban Silat Diimbau Jaga Keamanan

Madiun, koranmemo.com – Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengimbau paguyuban pencak silat untuk dapat menjaga situasi keamanan dan ketertiban jelang 1 suro serta suran agung. “Mari menjaga situasi yang sudah kondusif ini kita pertahankan,” katanya usai menghadiri acara Rakor Peningkatan Kamtibmas antara Tiga Pilar, tokoh masyarakat dan tokoh pencak silat di Kecamatan Manguharjo, Senin (18/9).

Dikatakan, Pemkot Madiun berencana mendirikan sekretariat Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Kota Madiun. Hal itu untuk menampung dan mewadahi serta dapat memberikan ruang untuk beraktivitas kepada 11 perguruan pencak silat yang ada di wilayah Madiun. Namun, hal itu masih menunggu kajian lebih lanjut dari Pemkot Madiun.

“Kota Madiun sudah dikenal sebagai kampung pesilat.  Berbagai perguruan pencak silat perlu digandeng sebagai bagian dari pam Swakarsa. Maka kita berharap ada sekretariat,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Manguharjo, Teguh Sudariyanto menambahkan, dengan melibatkan tokoh perguruan pencak silat, diharapkan dapat disampaikan kepada seluruh pendekar yang ada disetiap ranting, agar tidak melakukan aktifikas yang dapat merugikan masyarakat. Sehingga suran agung nanti berjalan secara kondusif.

Reporter: M. Adi Saputra

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.