Jelang Ramadan, Tim Satgas Pangan Sidak Pasar Tradisional

Blitar, koranmemo.com – Tim Satgas Pangan Polres Blitar mengadakan sidak ke beberapa pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Blitar, Kamis (2/5). Salah satu lokasi pasar yang disidak yakni Pasar Wlingi.

Dalam sidak tersebut satgas melibatkan Polres Blitar, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Blitar juga Kepala Bulog Sub Divisi Regional Tulungagung.

Kasat Reskrim Polres Blitar AKP Sodik Efendi SH mengatakan, sidak ini untuk mengantisipasi kenakalan para pedagang jelang Ramadan. “Yang kami lakukan hari ini untuk mantau stok bahan pokok pangan yang biasanya harganya naik jelang Ramadhan ,” jelasnya,Kamis (02/05).

Selain memantau stok dan harga bahan pokok pangan , Satgas Pangan juga mengantisipasi adanya penimbunan bahan pangan. “Kami juga menerima laporan dari masyarakat jika ada kekurangan stok padahal distribusi bahan pangan tidak ada kendala, ini kemungkinan ada penimbunan. Nah sidak akan kontinyu kami lakukan untuk pantau mulai distribusi, ketersediaan stok sampai fluktuasi harga bahan pangan ,” tambahnya.

Sementara itu dari hasil pengecekan diketahui, harga dari beberapa komoditi yang bervariasi dipasaran masih stabil dan tidak ada kelangkaan.

“Semua kebutuhan pokok masih relatif aman, hanya yang paling tinggi yaitu harga bawang yang semula per kilogram Rp 30 ribu saat ini naik menjadi Rp 60 ribu, kalau ayam per hari harganya naik turun dikisaran Rp 1000 – Rp 2000,” imbuhnya.

Sedangkan untuk harga minyak goreng, gula, tepung masih stabil. Di beberapa penjual di Pasar Wlingi penjualan bahan pokok pangan memang cenderung mengalami kenaikan walaupun masih standart harganya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date