Jelang Ramadan, Harga Cabai dan Bawang Terus Naik

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Beberapa hari menjelang Puasa Ramadan, harga bumbu dapur di Pasar Legi Kota Blitar, terpantau merangkak naik. Salah satunya komoditi yang mengalami kenaikan harga adalah bawang dan cabai.

Pantauan koranmemo.com di lapangan, harga bawang merah yang semula per kilonya sekitar Rp15 ribu, kini menjadi Rp 27 ribu. Sedangkan bawang putih yang semula Rp 30 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilonya.

Selain harga bawang kebutuhan pokok lainnya yang naik saat ini yaitu cabai. Cabai besar yang semula harganya Rp 25 ribu per/kg, kini naik menjadi Rp 30 ribu per/kg.

Salah satu pedagang Lasmiati (38) mengatakan naiknya harga kebutuhan pokok ini sudah terjadi sejak tiga hari yang lalu. Lasmiati mengatakan, semua kebutuhan pokok di Pasar Legi ini mulai merakak naik. Namun hanya bawang putih yang mengalami kenaikan secara signifikan.

“Ya kalau bahan pokok naik seperti ini juga pembeli agak menurun. Sebab para konsumen yang semula membeli satu kilogram, kini menurun jadi setengah kilogram,” ujarnya Senin (29/04).

Menurutnya, kenaikan harga bawang dan lain lainya disebabkan terlambatnya pasokan dari agen. Selain itu cuaca yang tidak menentu, mempengaruhi hasil panen.

“Untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok seperti bawang dan cabai pedagang Pasar Legi Kota Blitar menyetok lebih banyak biarpun harga naik. Karena kenaikan ini tetap akan berlanjut hingga Idul Fitri,” pungkasnya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date