Jelang Pilkades Serentak, Pemkab Kediri Gelar Deklarasi Damai

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa Serentak, Senin (21/10). Deklarasi yang diselenggarakan di Lapangan Pemkab Kediri tersebut dipimpin oleh Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal S.I.K. Hadir dalam deklarasi Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno, Dandim 0809 Kediri bersama forkopimda Kabupaten Kediri dan ratusan calon Kepala Desa.

Dalam amanatnya Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal S.I.K. mengungkapkan agar setiap calon kepala desa harus bersikap sportif. Mereka diminta untuk siap menang maupun siap menerima kekalahan. Tidak hanya itu mereka juga diminta untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah mereka.

“Ada 650 calon kepala desa yang akan mengikuti pemilihan kades. Saya selaku aparat keamanan meminta agar Pilkades yang diikuti 254 desa pada 30 Oktober mendatang terhindar dari segala benturan antara sesama pendukung,” tegas AKBP Roni.

AKBP Roni menambahkan Pilkades serentak merupakan rutinitas kegiatan enam tahunan yang harus disikapi secara dewasa. Pilkades harus dipandang sebagai sarana perwujudan demokrasi dab lartisipasi masyarakat desa. Oleh sebab itu, peata demokrasi ini disambut dengan suka cita.

Tidak hanya itu, AKBP Roni juga berharap Pilkades serentak ini menjadi alat pemersatu rakyat. Pilkades ini diharapkan bukan malah menjadi alat pemecah kubu dan mengkotak-kotakkan masyarakat. Oleh sebah itu AKBP Roni mewanti-wanti agar kampanye dari masing masing calon dilakukan secara tertib.

Kapolres Kediri meminta agar kegiatan kampanye dilakukan secara tertib, damai, dan santun. Seluruh calon diminta untuk tidak melakukan kampanye hitam dan menjatuhkan rival, apalagi kebencian yang berunsur SARA.

“Saya himbau agar kegiatan Pilkades serentak pada tanggal 30 oktober 2019 ini merupakan wujud demokrasi yang bisa mempersatukan masyarakat desa dan mari kita jaga desa kita menjadi desa yang adik makmur setelah adanya pilkades serentak ini,” tegas AKBP Roni.

Reporter Nuramid Hasyim

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date