Jelang Pilkada Serentak, KPU Kota Blitar Tetapkan DPT

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Pelaksanaan pencoblosan Pilkada serentak 2020 tinggal menunggu hari. KPU Kota Blitar telah menetapkan Data Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 114.890 pemilih pada 9 Desember mendatang.

Ninik Sholikhah, Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Blitar, jumlah total DPT tersebut adalah hasil rapat pleno rekapitulasi pada tanggal 16 Oktober 2020 yang lalu. Sedangkan menurut Bawaslu Kota Blitar, masih terdapat 656 pemilih baru yang belum masuk dalam DPT itu.

“Jumlah DPT ini tidak bisa diubah, tetap seperti itu. Tapi masyarakat yang memang belum masuk dalam data tersebut tetap bisa menggunakan hak suaranya dalam hari H pencoblosan,” katanya.

Dijelaskannya, sesuai dengan PKPU yang ada, masyarakat yang belum masuk dalam daftar DPT dapat menggunakan hak pilihnya dengan cara datang ke TPS setempat dan menunjukan identitasnya kepada petugas.

“Semisal yang bersangkutan adalah warga RT 02 RW 06, maka ia hanya bisa menggunakan hak pilihnya di TPS setempat dan masuk pada data Daftar Pemilih Tambahan (DPTB),” tuturnya.

Ninik menambahkan, DPTB yang dimaksud hanya bisa menggunakan hak suaranya saat ketersediaan formulir surat suara masih ada. Itu karena jumlah daripada formulir terbatas. “Namun sejauh pengalaman saya di setiap pelaksanaan pemilu, ketersediaan formulir surat suara tidak pernah habis,” tambahnya.

Maka dari itu, Ninik mengingatkan kepada masyarakat yang namanya belum terdaftar pada DPT untuk tetap menggunakan hak pilihnya pada pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Blitar 2020.

Reporter: Saifudin/Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu