Jelang Peringatan Hari Jadi ke-160 Kabupaten Sidoarjo, Begini Persiapannya

Sidoarjo, koranmemo.com – Menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Sidoarjo sejumlah kegiatan telah disiapkan oleh panitia peringatan hari jadi kab Sidoarjo yang jatuh setiap tanggal 31 Januari. Di tahun 2019 ini, Kabupaten Sidoarjo memperingati hari jadi ke 160 tahun.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin yang juga menjadi ketua panitia hari jadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah kegiatan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Peresmian Mal Pelayanan Publik di Jl. Lingkar Timur, Talk Show, ziarah ke Taman Makan Pahlawan (TMP), ziarah ke makam mantan Bupati Sidoarjo dan tasyakuran. Di tanggal 31 Januari juga akan digelar upacara hari jadi ke 160 Kabupaten Sidoarjo di alun-alun.

Dengan mengambil tema “Di Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 160, Kita Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Untuk Mewujudkan Pesta Demokrasi Yang Berkualitas, Aman Dan Berkeadilan”, ketua panitia yang juga menjabat Wakil Bupati Sidoarjo itu berharap pesta demokrasi di wilayah Sidoarjo berjalan aman dan lancar.

“Tanpa kebersamaan kita akan sulit mewujudkan pesta demokrasi bisa berjalan aman dan adil, untuk itu pada kesempatan hari jadi ini kita merajut kebersamaan dengan mengajak berbagai elemen masyarakat untuk bersama-sama memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa”, kata Cak Nur sapaan akrab Nur Ahmad Syaifuddin, Selasa (08/01/2019).

Cak Nur menambahkan, tidak hanya kegiatan di atas, lomba fotografi dan vlog, kegiatan budaya pagelaran wayang kulit, onthel sepeda tua di bumi Jenggala, Mlaku Bareng Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, pesta rakyat, hingga sejumlah event meriah lainnya yang ditunggu tunggu oleh warga Sidoarjo.

Untuk menambah kemeriahan, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kab Sidoarjo menggelar “ Energy Onthel of Asia Pasific Bumi Jenggala 2, event tingkat asia pasific tersebut akan diselenggarakan pada hari minggu, 10 Februari 2019.

“Ya, kita sudah siapkan acara onthel bumi jenggala 2, kita pecahkan rekor ngonthel bareng dengan baju lurik terbanyak. Informasi yang kita terima, peserta yang akan mengikuti nanti bukan hanya warga Sidoarjo saja ada juga dari negara tetangga,” ujar Joko Supriadi Kadis Disporapar Kab Sidoarjo.

Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika juga akan menggelar event lomba fotografi dan vlog dengan tema menggali potensi ekonomi,  wisata, seni  dan budaya asli Sidoarjo. Event tersebut digelar dalam rangka memberikan ruang ekspresi bagi komunitas fotografi  dan vlogger, sekaligus mengajak kalangan milenial muda untuk lebih mengenal dan ikut mempromosikan wisata dan budaya asli Sidoarjo.

Sejumlah rangkaian kegiatan lainnya diantaranya, dzikrul ghofilin, sema’an Alqur’an Jantiko Mantab yang rutin diselenggarakan di pendopo setiap peringatan hari jadi Kabupaten Sidoarjo. Dan masih banyak rangkaian kegiatan lainnya yang sudah disiapkan oleh panitia untuk memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Sidoarjo tahun 2019.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date