Jelang Peringatan Hari Batik Nasional, Ini yang Dilakukan Para Guru 

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Sejumlah guru dan kepala sekolah di Kota Kediri belajar membatik, Sabtu (26/9). Mereka belajar bersama di Sekolah Dasar Frateran II Kota Kediri. Materi yang disampaikan mulai dari membuat pola hingga mencanting.

FX Luhkita Heru Pratama (54), Kepala Sekolah Dasar Frateran II mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menyongsong peringatan hari batik nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober mendatang. Heru yang merupakan penggagas kegiatan tersebut juga mengatakan, ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga warisan budaya. “Semua dilatih mulai dari nol,” katanya.

Sebelum membatik, guru dan kepala sekolah yang mengikuti kegiatan diberi arahan tentang teknik membatik menggunakan canting. Mereka harus menguasai teori agar tak kaget dan canggung ketika harus menggunakan canting.

Heru berharap, para guru bisa menguasai keahlian membatik yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha di hari tua. “Kalau sudah pensiun, batik bisa digunakan untuk mengisi waktu luang dan tentu bisa menambah penghasilan,” tuturnya.

Sementara itu, Anis Juli Astuti (58), Kepala Sekolah Dasar Negeri Ngampel 1 Kota Kediri mengaku senang dengan pelatihan yang diikutinya. Meski membatik tulis tergolong sulit, dia tetap mencobanya.”Butuh kesabaran lebih dan harus tekun berlatih,” katanya.

Reporter : Yachya Muchammad

Editor : Vrian Triwidodo